Breaking News

Mengapa ras, agama dan politik sering dijadikan alasan untuk penyensoran atau pelarangan buku terutama di Indonesia, berikan pendapat saudara!

Mengapa ras, agama dan politik sering dijadikan alasan untuk penyensoran atau pelarangan buku terutama di Indonesia, berikan pendapat saudara! ​

Ketika akan menerbitkan sebuah buku maka akan dilakukan penyensoran isi dari buku tersebut itu karena apabila ada kalimat yang menyinggung tentang suku, agama dan ras maka dikhawatirkan bisa membuat kegaduhan dan perpecahan. Oleh karena itu, penting sekali dilakukan penyensoran tulisan isi buku sebelum buku diterbitkan dan diedarkan ke masyarakat luas.

Pembahasan

Menurut pendapat saya pribadi untuk membentuk pembentukan badan penyensoran buku pasti juga akan bisa menimbulkan pendapat yang setuju maupun pendapat yang tidak setuju karena kemungkinan bisa saja muncul pihak-pihak yang khawatir hal ini bisa mematikan kreatifitas.

Namun hal itu tidak perlu lagi menjadi dipermasalahkan, karena penyensoran buku bukan menjadi bentuk dari pelarangan pada sebuah karya, tapi untuk bisa menjaga kaidah tatanan dan norma yang dianut oleh bangsa Indonesia itu sendiri.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Ekspirasi pada proses pernapasan perut akan terjadi jika 2026.