Saat ini di pasaran telah tersedia cairan pengusir tikus. Cairan ini banyak digunakan di sawah dan perkebunan. Ditinjau dari konsep ekologi, apakah cara ini baik diterapkan dalam ekosistem?

Saat ini di pasaran telah tersedia cairan pengusir tikus. Cairan ini banyak digunakan di sawah dan perkebunan. Ditinjau dari konsep ekologi, apakah cara ini baik diterapkan dalam ekosistem?

Ekologi dapat didefinisikan sebagai cabang disiplin ilmu biologi yang meninjau keterkaitan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Cairan pengusir tikus yang beredar di pasaran dan banyak digunakan di sawah dan perkebunan apabila ditinjau dari konsep ekologi dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, yang mana hal ini tentu tidak baik untuk diterapkan dalam ekosistem karena pencemaran lingkungan akan sangat berbahaya bagi keberadaan makhluk hidup lainnya.

Pembahasan

Makhluk hidup yang berada di bumi, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan tentu saja mempunyai hubungan dan keterkaitan yang erat dan tidak dapat dilepaskan satu sama lain. Hubungan dan keterkaitan tersebut berpola secara alami dalam kehidupan dan termasuk dalam konsep Ekologi. Ekologi dapat didefinisikan sebagai cabang disiplin ilmu biologi yang meninjau keterkaitan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Hal-hal yang dapat memberikan ancaman serta dampak negatif bagi ekosistem makhluk hidup tentu akan sangat memengaruhi setiap komponen dan bagian dari rantai ekosistem. Salah satu contoh nyata yang berada dalam kehidupan sehari-hari adalah penggunaan cairan pengusir tikus. Cairan pengusir tikus yang beredar di pasaran dan banyak digunakan di sawah dan perkebunan apabila ditinjau dari konsep ekologi dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Cairan pengusir tikus juga diketahui mengandung Coumarinic rodenticide. Zat tersebut juga berbahaya bagi manusia karena memiliki antikoagulan atau zat anti pembekuan darah sehingga dapat menyebabkan syok hemoragik akibat pendarahan yang hebat dan anemia.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Perbedaan sistem pemerintahan Presidensial dengan sistem pemerintahan parlementer