Jelaskan faktor-faktor strategik dilingkungan industri yang paling dominan mempengaruhi daya saing perusahaan

Jelaskan faktor-faktor strategik dilingkungan industri yang paling dominan mempengaruhi daya saing perusahaan

Faktor-faktor strategik di lingkungan industri yang paling dominan mempengaruhi daya saing perusahaan adalah

  • Skala ekonomi
  • Diferensiasi produk
  • Persyaratan modal
  • Biaya Peralihan pemasok
  • Akses di saluran distributor
  • Kebijakan pemerintah
  • Dan lain-lain.

Pembahasan:

Lingkungan umum berada pada tingkat lingkungan eksternal organisasi dan biasanya menghasilkan komponen-komponen yang  memiliki dampak yang relatif  spesifik dan langsung terhadap operasi organisasi.

Mempersempit konsep lingkungan ke lingkungan industri, tingkat persaingan dalam  industri ini bukan kebetulan atau sial. Persaingan dalam industri, di sisi lain, berakar pada struktur ekonomi yang mendasarinya dan melampaui perilaku pesaing yang ada. Secara sederhana, daya saing industri tergantung pada lima daya saing utama, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Kombinasi kelima kekuatan ini pada akhirnya menentukan potensi keuntungan. Ini diukur dengan pengembalian modal investasi jangka panjang.

Pendatang baru dalam industri biasanya dapat mengancam pesaing yang ada dengan hambatan masuk dan keluar pasar, serta faktor-faktor yang menarik dalam industri tertentu. Ancaman ini muncul karena pendatang baru sering kali membawa fitur baru, keinginan untuk mendapatkan pangsa pasar, dan  sumber daya yang besar yang dapat mengurangi profitabilitas dengan menurunkan harga dan meningkatkan biaya. Selain itu, pendatang baru  dapat belajar membuat perusahaan yang sudah ada menjadi lebih efektif dan efisien serta  bersaing dalam dimensi baru.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  1. Deskripsikan secara singkat dan padat mengenai perusahaan dan, produk yang anda angkat!, 2. Buatlah surat edaran yang berisi pesan bad news kenaikan harga , untuk konsumen anda!, 3. Jelaskan strategi penulisan bad news apa yang anda gunakan , beserta pengorganisasian pesan yang ada di dalamnya