Berikan contoh hubungan negara Indonesia dengan negara lain , bidang apa, dan apa keuntungnnya?

Berikan contoh hubungan negara Indonesia dengan negara lain , bidang apa, dan apa keuntungnnya?

Contoh hubungan negara Indonesia dengan negara lain sebagai berikut:

Kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat telah terjalin sebelum Indonesia memproklamasikan kemerdekaan  pada tahun 1945. Hubungan diplomatik antara keduanya ditandai dengan pembukaan kedutaan besar di negara masing-masing. Hubungan bilateral mencakup berbagai bidang seperti  politik, pertahanan dan keamanan, perdagangan, investasi, pariwisata, pembangunan, energi, lingkungan, ketahanan pangan, maritim, pemeliharaan perdamaian, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan dialog antaragama. Mungkin hubungan bilateral yang paling berkesan antara Indonesia dan Amerika Serikat datang ketika kedua negara ini meluncurkan kemitraan komprehensif dengan Indonesia pada tahun 2010.

Pemabahasan:

Berikut adalah bentuk kerjasama antara Indonesia dengan negara lain terdiri dari:

  • Hubungan Bilateral

Kerja sama bilateral adalah kerja sama bilateral dalam bentuk hubungan diplomatik, perdagangan, pendidikan dan kebudayaan. Dalam membangun hubungan bilateral, Indonesia mengutamakan nilai  saling menghormati, tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain, menolak menggunakan kekuasaan, dan mengutamakan konsensus.

  • Hubungan Regional

Kerja sama regional merupakan kerja sama beberapa negara di kawasan. Biasanya dalam konteks kepentingan bersama antar negara.

  • Hubungan Multilateral

Kerja sama multilateral adalah kerja sama antara banyak negara. Kerja sama multilateral tidak terbatas pada wilayah atau region. Ada dua jenis kerjasama multilateral: anggota kunci dan anggota biasa. Peran anggota utama lebih besar, tetapi peran anggota aktif lebih terbatas.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Bunyi dengan intensitas 8 x 10^-8 w/mxb2 dapat terdengar oleh manusia normal. taraf intensitas bunyi tersebut adalah 2026 db