Breaking News

Tujuan jasa bank adalah untuk mendukung dan memperlancar kegiatan sebelumnya. Jelaskan apa maksud dari mendukung dan memperlancar kegiatan sebelumnya?

Tujuan jasa bank adalah untuk mendukung dan memperlancar kegiatan sebelumnya. Jelaskan apa maksud dari mendukung dan memperlancar kegiatan sebelumnya?

Tujuan jasa sebuah Bank adalah untuk mendukung dan memperlancar kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana dari masyarakat, dana dari sebuah perusahaan ataupun dana dari sebuah organisasi. Untuk itu pihak Bank berlomba-lomba untuk menyediakan layanan yang terbaiknya untuk mendapatkan dana dari masyarakat sehingga dapat disalurkan dalam bentuk kredit/pinjaman ke pihak yang membutuhkan. Oleh karenanya, Bank mendapatkan keuntungan dari perbedaan suku bunga dari dana yang dipinjamkan dengan suku bunga yang diberikan atas simpanan nasabah.

Pembahasan

Sebuah Bank adalah tempat dimana terjadinya proses simpan pinjam dari dana masyarakat baik dari pihak perorangan, perusahaan maupun organisasi. Dengan menyalurkan dana simpanan masyarakat yang disimpan di bank tersebut ke pihak kreditor/peminjam, bank mendapatkan keuntungan dari selisih bunga pinjaman dan bunga simpanan. Keuntungan ini dikenal dengan sebutan spread based.

Untuk itu semua pihak bank berusaha menawarkan produk-produk dan jasa layanan perbankan yang menarik untuk menarik dana nasabah semaksimal mungkin. Semakin lengkap produk dan jasa perbankan yang diberikan kepada nasabah maka akan semakin baik karena apabila nasabah sudah percaya maka mereka akan banyak bertransaksi di bank kesukaannya tersebut.

Berikut keuntungan-keuntungan yang diperoleh oleh pihak bank:

  1. Biaya administrasi – Biaya ini dikenakan untuk pengelolaan suatu fasilitas keuangan tertentu, contoh biaya administrasi kredit.
  2. Biaya kirim uang/transfer – Biaya ini dikenakan apabila nasabah mengirim uang ke pihak lain 9transfer), contoh: biaya transfer.
  3. Biaya tagih – Biaya ini dikenakan saat menagih dokumen-dokumen milik nasabah, contoh: biaya inkaso dan biaya kliring.
  4. Biaya provisi dan komisi – Biaya ini dikenakan saat terjadi proses kredit/pinjaman.
  5. Biaya sewa – Biaya ini dikenakan saat nasabah menggunakan fasilitas meminjam safe deposit box.
  6. Biaya iuran – Biaya ini dikenakan untuk jasa pemakaian kartu-kartu bank, contoh: kartu kredit, kartu ATM jenis tertentu, dan lain-lain.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Beberapa cara kerja antibodi, di antara pilihan di bawah mana yang berfungsi menghalangi tempat pengikatan virus adalah 2026.