Jelaskan mengenai jenis iklan berdasarkan fungsinya!

Jelaskan mengenai jenis iklan berdasarkan fungsinya!

Berdasarkan fungsinya, iklan terbagi menjadi 5 jenis diantaranya yaitu:

  • Iklan kolom memiliki fungsi yaitu untuk mengajak, menawarkan, ataupun merayu seseorang untuk membeli produk atau barang yang ditawarkan.
  • Iklan pemberitahuan memiliki fungsi yaitu untuk menarik perhatian khalayak ramai dengan melalui sebuah informasi atau pemberitahuan.
  • Iklan penawaran memiliki fungsi yaitu untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai.
  • Iklan layanan masyarakat memiliki fungsi yaitu untuk memberikan pencerahan atau penerangan tentang suatu hal.
  • Iklan elektronik memiliki fungsi yaitu untuk menyebarkan sebuah informasi dengan melalui media elektronik seperti televisi dan lain sebagainya.

 

Pembahasan:

Pengertian dari iklan adalah suatu kegiatan promosi dengan maksud untuk menjual atau mengajak khalayak ramai untuk melakukan suatu hal terkait dengan yang diiklankan. Adapun hal – hal yang dipromosikan biasanya berupa barang atau jasa. Iklan merupakan salah satu bentuk pemasaran tertua apabila dibandingkan dengan promosi dengan melalui email atau pada laman internet. Adapun tujuan utama iklan adalah untuk mempengaruhi seseorang agar dapat melakukan sesuatu hal yang spesifik. Segala bentuk pesan yang berisikan promosi yang dapat berupaya untuk membujuk masyarakat agar dapat melakukan sesuatu hal yang spesifik dan dikategorikan sebagai iklan.

Berikut ini merupakan ciri – ciri dari iklan adalah sebagai berikut:

  • Dengan menggunakan kata – kata yang menarik, tepat sasaran, logis dan sopan.
  • Dengan menggunakan pilihan kata yang memiliki serapan bagi khalayak ramai.
  • Pilihan kata yang digunakan harus menonjolkan sebuah informasi utama yang dipentingkan.
  • Dengan menggunakan pilihan kata yang dapat digunakan untuk menunjukkan sasaran.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  1. Jelaskan model SERVQUAL yang digunakan untuk mengukur kualitas jasa menurut Parasuraman dan Zeithalm dkk!, 2. Jelaskan pendekatan yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas sektor jasa menurut Zeithalm, Marry, dan Dawyne!, 3. Jelaskan beberapa faktor yang menjadi penentu seseorang konsumen akan melakukan komplain atau tidak!, 4. Jelaskan tahapan proses pemulihan jasa!, 5. Jelaskan keuntungan yang terjadi jika perusahaan jasa dapat mempertahankan konsumennya!