Breaking News

Penulisan surat dalam korespondensi harus benar, memiliki tata Bahasa yang baku, dimengerti dan dipahami oleh si pembaca, dalam satu kasus sebuah perusahaan X mngirim surat ke perusahaan Y tentang penawaran Kerjasama, dalam surat tersebut terdapat kesalahan dalam beberapa penulisan, tata Bahasa yang tidak baku dan terdapat isitilah-isitilah yang tidak dimngerti dan dipahami oleh si pembaca (perusahan Y) maka apa dampak yang akan terjadi pada individu atau insntansi yang mengirim surat. Jelaskan dampak yang terjadi dalam perspektif korespondensi dan berikan Analisa dampak yang kemungkinan terjadi pada organisasi yang mengirimkan surat?

Penulisan surat dalam korespondensi harus benar, memiliki tata Bahasa yang baku, dimengerti dan dipahami oleh si pembaca, dalam satu kasus sebuah perusahaan X mngirim surat ke perusahaan Y tentang penawaran Kerjasama, dalam surat tersebut terdapat kesalahan dalam beberapa penulisan, tata Bahasa yang tidak baku dan terdapat isitilah-isitilah yang tidak dimngerti dan dipahami oleh si pembaca (perusahan Y) maka apa dampak yang akan terjadi pada individu atau insntansi yang mengirim surat. Jelaskan dampak yang terjadi dalam perspektif korespondensi dan berikan Analisa dampak yang kemungkinan terjadi pada organisasi yang mengirimkan surat? ​

Dampak yang mungkin terjadi pada organisasi yang mengirimkan surat dengan kesalahan tata bahasa, yaitu:

  1. Terjadinya pembatalan kerja sama antara 2 perusahaan, sehingga perusahaan yang mengirimkan surat akan memperoleh kerugian yang besar.
  2. Perusahaan yang mengirimkan surat akan dipandang tidak teliti karena menulis surat penting tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan.
  3. Citra perusahaan pengirim surat akan turun apabila perusahaan yang menjadi penerima surat menyebarkan berita tersebut pada rekan bisnisnya.

Pembahasan :

Surat korespondensi merupakan suatu surat yang di tulis dengan tujuan untuk menyampaikan maksud kepada pihak lain. Secara umum surat korespondensi digunakan dalam suatu perusahaan atau organisasi dengan menyertakan nama jabatan.

Surat korespondensi dapat dikategorikan pada golongan surat resmi sehingga dalam penulisannya harus memperhatikan kaidah kepenulisan surat resmi yaitu mencantumkan kop surat, nama organisasi atau perusahaan, salam pembuka dan penutup, isi surat, nama terang dan tanda tangan dari penanggungjawab surat tersebut.

Berhubung surat korespondensi merupakan surat resmi maka bahasa yang digunakan yaitu menggunakan bahasa baku atau formal yang mudah dipahami oleh pembaca. Ditulisnya surat korespondensi bertujuan agar maksud dari penulis surat dapat disetujui atau didukung oleh penerima surat.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Dalam sebuah rak akan disusun 4 buku kimia berbeda, 3 buku biologi berbeda dan 2 buku ekonomi berbeda. ada berapa cara menyusun buku-buku tersebut jika setip pelajaran harus berkelompok?