3 Buatlah sebuah teks pidato terdiri atas pembuka, isi, dan penutup tentang 201cPeringatan Bulan Bahasa201d, dengan menggunakan minimal lima (5) gaya bahasa retoris!

3 Buatlah sebuah teks pidato terdiri atas pembuka, isi, dan penutup tentang “Peringatan Bulan Bahasa” dengan menggunakan minimal lima (5) gaya bahasa retoris!

 

Berikut pidato mengenai Bulan bahasa

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Yang terhormat bapak kepala sekolah,

Yang terhormat bapak dan ibu guru beserta jajarannya

Dan tak lupa seluruh teman-teman yang saya sayangi

Pertama-tama marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan kekuatan kepada kita semua sehingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal afiyat tanpa halangan apapun.

Kedua kalinya shalawat serta salah tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi agung nabi Muhammad SAW yang insyaallah akan memberikan syafaat kepada kita semua di yaumul kiamah.

Berdirinya saya disini bertujuan untuk menyampaikan sedikit pidato saya yang bertemakan “Peringatan Bulan Bahasa“. Jika kita membahas tentang bahasa maka tentu akan berkaitan dengan yang namanya sumpah pemuda yang selalu di peringati pada tanggal 28 Oktober.

Seluruh hadirin yang berbahagia, taukah kalian arti pentingnya sumpah pemuda bagi kita? mengapa kita harus bangga menjadi generasi muda bangsa? dan mengapa kita harus menggunakan bahasa Indonesia?

Bagi generasi muda seperti kita, sumpah pemuda merupakan pertumbuhan semangat Nasionalisme yang tinggi dan semangat untuk selalu mencintai tanah air Indonesia. Indonesia merupakan suatu negara dengan beragam perbedaan namun mampu bersatu dalam satu kesatuan yang utuh. Oleh karena itu kita harus bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia dengan bahasa kesatuan yaitu bahasa Indonesia. Sebagai generasi muda yang baik, kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik sebab bahasa Indonesia merupakan bahasa kesatuan.

Seluruh hadirin yang berbahagia, taukah kalian makna nasionalisme? mengapa kita harus menanamkan sikap nasionalisme?

Naionalisme merupakan rasa cinta terhadap tanah air. Dalam kesempatan kali ini, saya ingin mengingatkan kalian untuk selalu menerima estafet perjuangan dan kepemimpinan dari para para leluhur yang telah gugur mendahului kita. Dan selalu tingkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap bahasa kesatuan yaitu bahasa Indonesia dalam diri sendiri. Perlu kalian sadari bahwasannya kemajuan dan kemunduran bangsa Indonesia ada di tangan kalian.

Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf

Wassalaamu’alaikum Wr. W

Pembahasan :

Pidato merupakan suatu komunikasi formal yang disampaikan di depan khalayak umum dengan tujuan untuk mengajak atau mengingatkan orang lain mengenai suatu hal. Dalam pidato ada 3 unsur utama, yaitu pembuka, isi, dan penutup.

Trending :  5.tApa yang dimaksud dengan intoleransi beragama, jelaskan dan berikan beberapa pokok yang tidak dapat dikategorikan sebagai tindakan atau sikap intoleran

Sedangkan gaya bahasa retoris merupakan suatu kalimat yang tidak memerlukan jawaban sebab jawaban dari pertanyaan tersebut sudah ada dalam kalimat tersebut. Secara umum kalimat retoris merupakan suatu kalimat pernyataan yang diolah menjadi kalimat pertanyaan.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com