Pengangguran merupakan masalah yang mendesak harus diatasi karena jika dibiarkan berlarut-larut akan berdampak pada segala segi kehidupan.dampak langsung pengangguran terhadap pembangunan nasional adalah

Pengangguran merupakan masalah yang mendesak harus diatasi karena jika dibiarkan berlarut-larut akan berdampak pada segala segi kehidupan.dampak langsung pengangguran terhadap pembangunan nasional adalah

Setelah di hantam oleh pandemi COVID-19 angka pengangguran di Indonesia sangat meningkat, hal tersebut disebabkan karena banyaknya perusahaan yang guling tikar. Sedangkan Pengangguran merupakan masalah yang mendesak dan harus segera diatasi, karena jika dibiarkan berlarut-larut akan berdampak pada segala segi kehidupan. Dampak langsung pengangguran terhadap pembangunan nasional, sebagai berikut:

  • Menurunnya Permintaan dan Penawaran.
  • Menurunnya Tingkat Investasi pada suatu Negara.
  • Memacu Tindakan Kriminalitas.
  • Terganggunya Stabilitas Ekonomi, Sosial, dan Politik.
  • Mengurangi Pendapatan Negara.

Pembahasan:

Pengangguran adalah bagian dari permasalahan sosial yang berkaitan erat dengan kegiatan perekonomian, kemanusiaan serta kemasyarakatan. Dan pengangguran pada suatu negara dinilai sangat penting, karena jumlah pengangguran dapat dijadikan sebagai b tingkat kesejahteraan suatu negara.

Kategori dalam pengangguran yakni merujuk pada pada orang yang saat ini tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau sedang mempersiapkan diri untuk bekerja.

Berikut ini adalah upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi pengangguran di Indonesia, sebagai berikut:

  • Mengembangkan industri padat karya.
  • Memberikan kemudahan bagi investor untuk berinvestasi di Indonesia.
  • Mengadakan balai latihan kerja.
  • Meningkatkan mobilitas moda dengan menciptakan UMKM.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Seorang peneliti ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan investigasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran creative problem solving (CPS) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran direct instruction (DI). Ia melakukan penelitian pada dua kelas dengan menerapkan perlakuan yang berbeda. Selanjutnya, kedua kelas tersebut diberikan tes, sehingga diperoleh hasil sebagai berikut. 30 30 0305 80 0305 69 pada taraf signifikansi 5%. Dengan mengasumsikan data berdistribusi normal dan variansi kedua kelas homogen. Ujilah data tersebut sehingga diperoleh kesimpulan apakah sama atau berbeda.