Breaking News

Saat ini, tak jarang dijumpai remaja indonesia mengikuti cara berpakaian ataupun perilaku selebriti dari berbagai belahan dunia. hal ini dapat berdampak pada perilaku remaja seperti tidak mementingkan budaya lokal. kasus tersebut menunjukkan bahwa dampak negatif globalisasi dalam kehidupan sosial budaya adalah 2026.

Saat ini, tak jarang dijumpai remaja indonesia mengikuti cara berpakaian ataupun perilaku selebriti dari berbagai belahan dunia. hal ini dapat berdampak pada perilaku remaja seperti tidak mementingkan budaya lokal. kasus tersebut menunjukkan bahwa dampak negatif globalisasi dalam kehidupan sosial budaya adalah ….

Perilaku remaja yang seakan tidak mementingkan budaya lokal dan mulai mengikuti cara berpakaian yang dikenakan oleh para selebriti yang berasal dari belahan dunia lain. Berdasarkan ilustrasi di atas, dampak negatif dari globalisasi dalam bidang sosial budaya adalah masuk dan diterapkannya budaya asing yang tidak sesuai dengan karakter dan budaya bangsa Indonesia.

Pembahasan

Globalisasi adalah proses menyatunya seluruh negara yang ada di dunia karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan adanya globalisasi, informasi dan juga budaya yang berasal dari luar negeri menjadi lebih mudah untuk masuk ke dalam negeri. Hal ini bisa mendorong terjadinya westernisasi yang merupakan diterapkannya budaya Barat di Indonesia. Sebenarnya, westernisasi bukan menjadi hal yang sepenuhnya buruk karena ada budaya Barat yang bisa kita contoh dan bisa mengembangkan kehidupan masyarakat di Indonesia. Namun, ada juga beberapa budaya Barat yang tidak sesuai dengan karakter dan budaya bangsa Indonesia sehingga tidak bisa diterapkan di dalam negeri. Contoh dari budaya Barat yang tidak bisa diterapkan di Indonesia adalah menggunakan pakaian yang terlalu terbuka, perjudian, dan mabuk-mabukan.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Bangsa indonesia meraih kemerdekaan dikarenakan rakyat indonesia mempunyai tekad yang sama yait