Tugas utama komisi tiga negara di Indonesia adalah …..

Tugas utama komisi tiga negara di Indonesia adalah …..

Tugas pokok Komisi Tiga Negara yaitu :

  1. Membantu menyelesaikan persengketaan atau perselisihan antara Indonesia dan Belanda secara damai.
  2. Berusaha mendekatkan kedua belah pihak untuk menyelesaikan persoalan-persoalan militer dan politik.
  3. Mempertemukan kembali antara Indonesia dengan Belanda dalam Perundingan Renville

Pembahasan

Komisi Tiga Negara (KTN) dikenal sebagai Komisi Kantor Baik yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa Bangsa  ( PBB) pada 26 Agustus 1947.

Komisi Tiga Negara dibentuk memiliki tujuan untuk menengahi konflik yang terjadi antara Indonesia dan Belanda pada Agresi Militer Belanda. Ada tiga negara yang jadi anggota dalam Komisi Tiga Negara yakni Amerika Serikat, Belgia dan Australia.

Latar belakang Komisi Tiga Negara (KTN)

Pada masa Agresi Militer Belanda I, Indonesia dan Belanda masih berselisih karena Belanda belum berputus asa untuk menguasai Indonesia. Masalah Agresi Militer Belanda antara Indonesia dan Belanda yang takjuga  usai, pemerintah Indonesia kemudian mengundang Menteri Luar Negeri Australia yaitu Herbert Vere Evatt untuk menyelesaikannya. Pada saat itu, Australia jadi salah satu negara yang sudah merdeka dan tangguh dalam bidang militer. Tindakan dari Evatt memperoleh dorongan dari Perdana Menteri Australia yaitu Joseph Benedict Chifley. Permasalahan ini lalu diterima oleh Dewan Keamanan PBB pada 30 Juli 1947. Kemudian pada tanggal 25 Agustus 1947, Amerika Serikat juga memberi usulan / saran berisi tawaran jasa baik pada Indonesia dan Belanda. Isi tawaran tersebut merupakan dibentuknya komisi yang terdiri dari tiga anggota dewan, dua di antaranya dipilih oleh masing-masing pihak dan anggota ketiga ditentukan oleh dua anggota yang sudah terpilih. Saat itulah Komisi Tiga Negara terbentuk atau dikenal dengan Komisi Kantor Baik (Good Offices Comitte).

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Tugas.3, Sesi 7, Sebutkan dan Jelaskan makna spiritualitas yang anda pelajari dengan lengkap dan jelas! Serta pemahaman apa yang diperoleh dari pernyataan-pernyataan makna spiritualitas tersebut!, Spiritualitas juga merupakan modal yang kuat dalam bertahan menghadapi tantangan dan hambatan bisnis. Silahkan anda Jelaskan makna dari uraian tersebut!, Sebutkan definisi dari GCG menurut Kurniawan (2000) dan Sebutkan serta jelaskan prinsip-prinsip GCG menurut Osborne & Plastrik (2001)