Breaking News

Sebutkan dan jelaskan tiga macam pola hubungan antar input produksi!

Sebutkan dan jelaskan tiga macam pola hubungan antar input produksi!

Tiga macam pola hubungan antar input adalah

  1. Hubungan dengan Daya Substansi Tetap (DSM) yaitu apabila terjadi penambahan satu satuan faktor produksi yang pertama (X1) akan mengakibatkan pengurangan faktor produksi lainnya (X2) dalam jumlah tetap, sedangkan jumlah produk yang dihasilkan tidak berubah.
  2. Hubungan komplementer yaitu hubungan yang terjadi jika kedua tipe faktor produksi harus disatukan kedalam suatu perbandingan yang bernilai tetap, misalkan X1 = 1 satuan dan X2 = 4 satuan. Jika nilai XX1 = 5 satuan maka nilai X2 = 20 satuan.
  3. Hubungan dengan daya substansi terus berkurang  yaitu hubungan yang terjadi jika pada kondisi iso produk, penggunaan total faktor produksi satu (X1) dapat ditukarkan dengan faktor produksi kedua (X2) dengan nilai penggunaan yang terus mengecil.

 

Pembahasan

Faktor produksi adalah segala hal yang dipakai dalam suatu proses produksi dengan tujuan menghasilkan jasa dan barang berkelanjutan. Faktor produksi terdiri atas dua bagian yaitu : faktor produksi variabel atau Variable factor of production) dan  faktor produksi tetap atau Fixed factor of production.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Lisensi yang mengharuskan penggunanya membayar dengan jumlah tertentu adalah