Breaking News

5.Tn. Fikri ingin membuat rancangan rumahnya sendiri. Dia mulai dengan membuat/ menggambar denah rumahnya. Ukuran tanah yang akan dijadikan rumah Tn. Fikri memiliki ukuran 15 meter x 10 meter. Kertas tempat desain denah rumah yang digunakan adalah ukuran kertas 30 cm x 20 cm. Denah yang dibuat oleh Tn. Fikri harus tepat dengan ukuran kertas yang tersedia. Skala yang harus digunakan oleh Tn. Fikri agar kertasnya cukup untuk menggambar denah tersebut adalah…. *

5.Tn. Fikri ingin membuat rancangan rumahnya sendiri. Dia mulai dengan membuat/ menggambar denah rumahnya. Ukuran tanah yang akan dijadikan rumah Tn. Fikri memiliki ukuran 15 meter x 10 meter. Kertas tempat desain denah rumah yang digunakan adalah ukuran kertas 30 cm x 20 cm. Denah yang dibuat oleh Tn. Fikri harus tepat dengan ukuran kertas yang tersedia. Skala yang harus digunakan oleh Tn. Fikri agar kertasnya cukup untuk menggambar denah tersebut adalah…. *​

Seorang pria hendak membuat rancangan rumahnya sendiri. Langkah pertama yang beliau lakukan adalah melakukan pembuatan atau penggambaran denah rumahnya terlebih dahulu. Ukuran tanah yang akan didirikan rumahnya berukuran 15 meter×10 meter. Desain denah rumah akan dibuat pada kertas yang berukuran 30 cm×20 cm. Denah buatannya tersebut harus tepat dengan ukuran kertas yang ada. Agar kertasnya cukup untuk melakukan penggambaran denah tersebut, skala yang beliau gunakan haruslah 1:50. Skala tersebut diperoleh dengan konsep perbandingan.

Penjelasan dengan langkah-langkah

Diketahui:

Ukuran tanah sebenarnya = 15 meter×10 meter

Ukuran kertas denah = 30 cm×20 cm

Ditanya: skala

Jawa:

  • Asumsi

Tidak ada gambar sebagai pendukung soal atau informasi spesifik yang menunjukkan ukuran panjang atau lebar, baik dari ukuran tanah maupun dari ukuran kertas. Asumsikan bahwa format ukuran yang diberikan dalan bentuk panjang×lebar.

  • Konversi satuan

Satuan ukuran tanah dengan ukuran denah berbeda (m dan cm). Dalam perbandingan atau skala, satuannya haruslah sama. Untuk permasalahan ini, mari ubah ukuran dalam satuan m ke cm.

15 m = 15×100 = 1500 cm

10 m = 10×100 = 1000 cm

  • Skala

Ingat, skala merupakan perbandingan jarak pada denah dengan jarak sebenarnya. Ada dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Untuk perhitungan skala, dapat digunakan keduanya. Mari hitung dengan ukuran panjang untuk yang pertama.

Skala = 30/1500 = 1/50 = 1:50

Lalu, hitung dengan ukuran lebar untuk yang kedua.

Skala = 20/1000 = 1/50 = 1:50

Dengan kedua ukuran, haruslah diperoleh nilai skala yang sama. Jadi, skala yang digunakan pria tersebut adalah 1:50.

Trending :  1. Identifikasilah sebuah kasus korupsi yang dilakukan oleh petinggi dunia (selain, Indonesia)., 2. Analisa data dan informasi mengenai kasus korupsi tersebut secara mendetail., (Cth : Kasus apa? Jumlah Dana? Sanksi hukum yang diberikan ? ), 3. Identifikasikan dampak masif dari kasus korupsi tersebut., 20, 4. Buatlah hasil identifikasi dan analisa dalam bentuk artikel dengan menggunakan , penusilan yang baik dan benar., 5. Presentasikan hasil dari tugas mandiri pada pertemuan selanjutnya.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com