Breaking News

Henry Mintzberg menjelaskan 10 peran kepemimpinan manajer organisasi., Jelaskan Ke-10 peran tersebut?

Henry Mintzberg menjelaskan 10 peran kepemimpinan manajer organisasi.

Jelaskan Ke-10 peran tersebut?

Terdapat beberapa peran dari seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan menurut Henry Mintzberg yang dibagi kedalam tiga kategori dasar, yaitu:

  1. Peran antar pribadi atau Interpersonal Role, yang didalamnya terdapat peran seorang pemimpin mulai dari Figurehead, Leader, serta Liaison.
  2. Peran informasi atau Informational Role, yang didalamnya terdapat peran seorang pemimpin mulai dari Monitor, Disseminator, dan juga Spokesman.
  3. Peran keputusan atau Decisional Role , yang didalamnya terdapat peran seorang pemimpin mulai dari Entrepreneur, Disturbance Handler, Resource Allocator, Negotiator.

 

Pembahasan

Terdapat beberapa peran dari seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan, seperti:

  1. Figurehead, yaitu tugas-tugas hukum atau sosial simbolis. Semua kewajiban sosial, inspirasi, hukum, serta seremonial.
  2. Leader, yaitu membangun hubungan dengan karyawan dan berkomunikasi dengan, memotivasi, serta melatih mereka.
  3. Liaison, yaitu memelihara jaringan kontak di luar unit kerja untuk mendapatkan informasi.
  4. Monitor, yaitu mencari informasi internal serta eksternal tentang isu-isu yang dapat mempengaruhi organisasi atau perusahaan.
  5. Disseminator, yaitu mentransmisikan informasi secara internal yang diperoleh dari sumber internal dan juga sumber eksternal.
  6. Spokesman, yaitu mengirimkan informasi tentang organisasi kepada pihak luar.
  7. Entrepreneur, yaitu bertindak sebagai inisiator, perancang, serta mendorong perubahan atau inovasi.
  8. Disturbance Handler, yaitu peran pemimpin dalam mengambil tindakan korektif ketika organisasi menghadapi permasalahan penting yang tak terduga.
  9. Resource Allocator, yaitu mendistribusikan sumber daya dari semua jenis, termasuk waktu, dana, peralatan, serta sumber daya manusia.
  10. Negotiator, yaitu mewakili organisasi dalam melakukan negosiasi besar yang dapat mempengaruhi area tanggung jawab manajer.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Perbedaan antara penilaian pelayanan, menurut konsumen dan persepsi manajemen-, mengenai harapan konsumen. Manajemen, tidak selalu memahami secara tepat keinginan, pelanggan merupakan definisi dari ...., a. gap persepsi manajemen, b. gap spesifikasi kualitas, gap penyampaian pelayanan, gap komunikasi pemasaran, e gap pelayanan yang dirasakan, c., d., 7.