Breaking News

1 Dalam sumber dana dan pembelanjaan jangka pendek kita mengenal 2 istilah yang berbeda yaitu Anjak Piutang dan Menjaminkan Piutang., Jelaskan perbedaan diantara kedua sumber/bentuk pembelanjaan jangka pendek tersebut., 2.Kapan suatu perusahaan membutuhkan sumber pembelanjaan jangka menengah? Sebutkan 3 bentuk pembelanjaan jangka menengah dan jelaskan masing-masing bentuk tersebut.

1 Dalam sumber dana dan pembelanjaan jangka pendek kita mengenal 2 istilah yang berbeda yaitu Anjak Piutang dan Menjaminkan Piutang.


Jelaskan perbedaan diantara kedua sumber/bentuk pembelanjaan jangka pendek tersebut.

2.Kapan suatu perusahaan membutuhkan sumber pembelanjaan jangka menengah? Sebutkan 3 bentuk pembelanjaan jangka menengah dan jelaskan masing-masing bentuk tersebut.

1. Perbedaan anjak piutang dan menjaminkan piutang mengenai sumber dana dan pembelanjaan jangka pendek yaitu jika anjak piutang kita menjual piutang yang dimiliki perusahaan kepada pihak lain. Sedangkan Menjaminkan piutang berati menjadikan piutang sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman dari pihak lain.

2. Suatu perusahaan membutuhkan sumber pembelanjaan jangka menengah Apabila sumber pembelajaran jangka pendek sudah tidak bisa membiayai kebutuhan tersebut. Tiga Bentuk pembelanjaan jangka menengah yaitu

  • Leasing, adalah suatu kontrak antara pemilik aktiva dengan pihak lain yang memanfaatkan aktiva tersebut untuk jangka waktu tertentu.
  • Term loan pinjaman jangka menengah yang tidak segera jatuh tempo yang biasanya disediakan oleh lembaga pembiayaan.
  • Equipment loan, adalah pembiayaan yang pergunakan untuk pengadaan perlengkapan baru.

PEMBAHASAN

Anjak piutang adalah menjual piutang yang dimiliki oleh perusahaan kepada pihak lain. Sumber Pendanaan Perusahaan adalah Sumber dana yang diperoleh perusahaan mendapatkan dana agar dapat membiayai Aktivitas Operasi Aktivitas Investasi dan Aktivitas Pendanaan Perusahaan. Sumber dana perusahaan dibagi menjadi tiga yaitu

  • tiga yaituSumber dana jangka pendek yaitu jangka waktunya kurang dari satu tahun.
  • Sumber dana jangka menengah dengan jangka waktu lebih dari satu tahun dan kurang dari lima tahun.
  • Sumber dana jangka panjang dengan jangka waktu lebih dari 5 tahun

Anjak piutang memiliki kelebihan yaitu kita tidak perlu menunggu dana piutang cair karena kita sudah memperoleh pinjaman dengan biaya yang murah sedangkan jika kita menjaminkan piutang kita bisa mendapatkan uang serta piutang yang di jaminkan bisa diperoleh kembali. tetapi bila kita gagal membayar perjanjian pinjaman piutang maka piutang perusahaan akan menjadi pemilik pemberi pinjaman tersebut.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Sebutkan 10 macam hal-hal yang disukai oleh malaikat berupa tempat dan perbuatan