Breaking News

RINS ENTERTAINMENT melakukan perjanjian Nomor 1348/PE-AR/MDE/X/06 tertanggal 15 Desember 2019 dengan artis Steven Gerald, di mana Steven menandatangani perjanjian eksklusif untuk bermain sinetron sebanyak 600 episode untuk sinetron Terlanjur Sayang dan Diam-Diam Serigala2019.”, Dengan perjanjian eksklusif ini, maka RINS menilai Steven tidak diperkenankan untuk melakukan atau menjalin kerjasama dalam bentuk apapun dengan perusahaan sinetron atau serial TV, rumah produksi atau stasiun televisi lain untuk melibatkan diri sebagai pemain/figuran untuk sinetron, serial tv, telesinema, serial mini seri atau sejenisnya. Berdasarkan kamus hukum, perjanjian eksklusif adalah suatu perjanjian di mana seseorang atau firma dijadikan agen tunggal atas suatu produk dalam pasar., Dalam perjalanannya, Steven terlibat pembuatan sinetron dengan rumah produksi PT Asix Asix. Menurut RINS, pihaknya telah mengundang Steven dan PT Asix-Asix untuk menyelesaikan permasalahan tersebut di kantor hukum Gunawan pada 18 Januari 2021. Tetapi dari tiga kali pertemuan, RINS ENTERTAINMENT tidak melihat gelagat baik dari Steven sehingga terpaksa melayangkan gugatan ke PN Jakarta Selatan. Dalam gugatannya, RINS ENTERTAINMENT melayangkan gugatan materil sebesar Rp 7,2 miliar dan immateril Rp 14 miliar.


RINS ENTERTAINMENT melakukan perjanjian Nomor 1348/PE-AR/MDE/X/06 tertanggal 15 Desember 2019 dengan artis Steven Gerald, di mana Steven menandatangani perjanjian eksklusif untuk bermain sinetron sebanyak 600 episode untuk sinetron Terlanjur Sayang dan Diam-Diam Serigala’.


Dengan perjanjian eksklusif ini, maka RINS menilai Steven tidak diperkenankan untuk melakukan atau menjalin kerjasama dalam bentuk apapun dengan perusahaan sinetron atau serial TV, rumah produksi atau stasiun televisi lain untuk melibatkan diri sebagai pemain/figuran untuk sinetron, serial tv, telesinema, serial mini seri atau sejenisnya. Berdasarkan kamus hukum, perjanjian eksklusif adalah suatu perjanjian di mana seseorang atau firma dijadikan agen tunggal atas suatu produk dalam pasar.

Dalam perjalanannya, Steven terlibat pembuatan sinetron dengan rumah produksi PT Asix Asix. Menurut RINS, pihaknya telah mengundang Steven dan PT Asix-Asix untuk menyelesaikan permasalahan tersebut di kantor hukum Gunawan pada 18 Januari 2021. Tetapi dari tiga kali pertemuan, RINS ENTERTAINMENT tidak melihat gelagat baik dari Steven sehingga terpaksa melayangkan gugatan ke PN Jakarta Selatan. Dalam gugatannya, RINS ENTERTAINMENT melayangkan gugatan materil sebesar Rp 7,2 miliar dan immateril Rp 14 miliar.

Trending :  Asas kewarganeraan seseorang yang ditentukan berdasarkan tempat ia dilahirkan tanpa mengindahkan kewarganegaraan orang tuanya disebut asas....

 

Berdasarkan soal tersebut yang akan dibuat oleh advokat adalah surat kuasa khusus. Surat kuasa khusus adalah surat kuasa pada penerima untuk bertindak mewakili kepentingan sebagai pihak principal.

Pembahasan:

Surat kuasa merupakan surat pernyataan pelimpahan wewenang dari pihak satu yang disebut pemberi kuasa kepada pihak lain yang disebut penerima kuasa untuk melakukan suatu kegiatan yang tertera pada pernyataan tersebut.

Jenis-jenis Surat Kuasa

1. Surat Kuasa Pribadi

Bersifat non formal dan  digunakan untuk urusan dokumen pribadi.

2. Surat Kuasa Resmi (Kedinasan)

Bersifat formal dan digunakan oleh lembaga, perusahaan, atau instansi pemerintah untuk memberikan arahan dalam menjalankan kepentingan.

3. Surat Kuasa Istimewa

Bersifat limitatif artinya surat kuasa ini terbatas untuk tindakan tertentu yang sangat penting digunakan oleh pihak yang terjerat masalah hukum. Surat kuasa ini harus berupa akta notaris.

4. Surat Kuasa Insidentil

Hampir sama dengan kuasa istimewa, namun surat kuasa ini berdasarkan insiden atau peristiwa.

5. Surat Kuasa Khusus

Surat kuasa ini memberikan kuasa pada penerima untuk bertindak mewakili kepentingan sebagai pihak principal.

6. Surat Kuasa Perantara

Surat kuasa ini yaitu pihak kedua atau penerima kuasa berkedudukan sebagai agen untuk melakukan tindakan hukum dengan pihak ketiga.

Berdasarkan soal tersebut jenis surat kuasa yang akan dibuat oleh advokat adalah Surat Kuasa Khusus, yaitu :

SURAT KUASA

Yang bertandatangan dibawah ini :

Steven Gerald, pekerjaan publik figur, Jakarta 12 Februari 1995, Agama Kristen Protestan, Jenis Kelamin Laki-Laki, Kewarganegaraan Indonesia, Alamat Jalan Tabrani Ahmad No. 17, Kelurahan Raflesia, Kecamatan Melati, Kota Jakarta, Prov. DKI Jakarta

Dalam hal ini bertindak untuk dan disebut sebagai……. PEMBERI KUASA;

Dalam hal ini Pemberi Kuasa menentukan untuk memilih domisili hukumnya dan memberikan kuasa kepada :

Trending :  Manfaat indonesia sebagai negara kesatuan adalah...

ADV. Edi Kurniawan, S.H., M.Hum

Adalah Advokat/Penasihat Hukum pada LAW FIRM EDI & ASSOCIATES, beralamat di Jalan Veteran No. 10, Pancoran, Jakarta Selatan

Selanjutnya disebut sebagai………………………………………..PENERIMA KUASA;

——————————————— K H U S U S ——————————————

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa mewakili sebagai TERGUGAT dalam Perkara Perdata dengan Register Nomor : xx/Pdt.G/2021/PN. Jkt tanggal 21 Februari 2021 melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Membahas tentang Perjanjian Nomor 1348/PE-AR/MDE/X/06 tertanggal 15 Desember 2019 dai pihak RINS ENTERTAINMENT dengan artis Steven Gerald.

BERLAWAN:

RINS ENTERTAINMENT, manajement rumah produksi, dibentuk Jakarta 08 Agustus 2001, Alamat Jl. Ahmad Yani No. 133, Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta;

Selanjutnya Penerima Kuasa berhak sepenuhnya untuk menghadap dan menghadiri semua acara persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, menerima panggilan persidangan, mengajukan dan menandatangani surat-surat, mengajukan perdamaian atau menolak tawaran perdamaian, mengajukan duplik, mengajukan akta/bukti tertulis, mengajukan saksi-saksi termasuk saksi ahli dan menolak akta/alat bukti tertulis dan saksi-saksi termasuk saksi ahli yang diajukan oleh pihak lawan, mengajukan kesimpulan, menerima putusan, menyatakan banding, kasasi, Peninjauan Kembali (PK) dan membuat serta mengajukan memori-memorinya dan/atau kontra memori-memorinya, serta dapat berbicara seluas-luasnya dengan pihak lain yang memerlukan keterangan. Penerima Kuasa dapat melakukan tindakan-tindakan hukum lainnya penting dan berguna sehubungan dengan maksud kuasa ini.

Kuasa ini diberikan dengan Hak Retensi dan Hak Substitusi (melimpahkan) baik sebagian maupun seluruhnya menurut hukum, serta hak kolaborasi yakni hak untuk menarik serta melibatkan pihak lain dalam menjalankan kuasa ini, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri atas sebagian maupun maksud kuasa ini.

Jakarta, 21 Februari 2022

Penerima Kuasa,                                                             Pemberi Kuasa,

Trending :  Pada era modern ini masyarakat sering melupakan pola hidup sehat dalam keseharian.padatnya kegiatan dan meningkatnya kebutuhan membuat banyak orang melupakan pola hidup sehat yang sebenarnya.sebagai contoh aktivitas kecil tersebut merupakan salah satu kegiatan yang dapat memberikan manfaat yang besar.Tentukan topik kutipan karya ilmiah nya!

ADV. Edi Kurniawan, S.H., M.Hum                                Steven Gerald

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News