Breaking News

Saudara mahasiswa, berikut adalah soal Tugas ke-3 yang wajib Anda kerjakan. Bacalah pertanyaan dengan cermat kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut, 1. Banyak ayat Al-quran yang berbicara tentang alam raya, materi dan fenomenanya, dan yang memerintahkan kepada manusia untuk mengetahui dan memanfaatkannya. QS. Al-Jaatsiyah 45: 13 menyatakan bahwa alam raya diciptakan dan ditundukkan Allah untuk manusia., a. Tuliskan ayat dan terjemahan QS. Al-Jaatsiyah 45: 13, b. Jelaskan potensi pengembangan teknologi menurut QS. Al-Jaatsiyah 45: 13, “2. Budaya akademik yang ingin dibangun oleh Islam, bukan sekedar menjadikan manusia cerdas, tetapi juga manusia yang memiliki kekuatan iman dan kerendahan hati (tawadz).”, a. Tuliskan ayat dan terjemah QS Al-Hajj/22: 54 !, b. Jelaskan keterkaitan ilmu pengetahuan, iman, dan hati yang tunduk menurut QS Al-Hajj/22: 54 !, c. Tuliskan ayat dan terjemah Q.S. Al-Baqarah/2: 111 !, d. Jelaskan pengertian budaya akademik menurut Q.S. Al-Baqarah/2: 111 !, 3. Islam merupakan ajaran yang memadukan antara pembiasaan (Budaya) dan keimanan, disamping itu Allah dan Rasulullah mewajibkan muslim melakukan kerja yang seimbang, Sebutkan dan jelaskan makna dari ayat Al-Quran yang menggambarkan karakter budaya kerja yang sesuai dan seimbang dalam kehidupan sehari- hari!

Saudara mahasiswa, berikut adalah soal Tugas ke-3 yang wajib Anda kerjakan. Bacalah pertanyaan dengan cermat kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut

1. Banyak ayat Al-quran yang berbicara tentang alam raya, materi dan fenomenanya, dan yang memerintahkan kepada manusia untuk mengetahui dan memanfaatkannya. QS. Al-Jaatsiyah 45: 13 menyatakan bahwa alam raya diciptakan dan ditundukkan Allah untuk manusia.
a. Tuliskan ayat dan terjemahan QS. Al-Jaatsiyah 45: 13
b. Jelaskan potensi pengembangan teknologi menurut QS. Al-Jaatsiyah 45: 13
2. Budaya akademik yang ingin dibangun oleh Islam, bukan sekedar menjadikan manusia cerdas, tetapi juga manusia yang memiliki kekuatan iman dan kerendahan hati (tawadz).
a. Tuliskan ayat dan terjemah QS Al-Hajj/22: 54 !
b. Jelaskan keterkaitan ilmu pengetahuan, iman, dan hati yang tunduk menurut QS Al-Hajj/22: 54 !
c. Tuliskan ayat dan terjemah Q.S. Al-Baqarah/2: 111 !
d. Jelaskan pengertian budaya akademik menurut Q.S. Al-Baqarah/2: 111 !

3. Islam merupakan ajaran yang memadukan antara pembiasaan (Budaya) dan keimanan, disamping itu Allah dan Rasulullah mewajibkan muslim melakukan kerja yang seimbang, Sebutkan dan jelaskan makna dari ayat Al-Quran yang menggambarkan karakter budaya kerja yang sesuai dan seimbang dalam kehidupan sehari- hari!

1a. QS Al-Jaatsiyah 45:13

  • Ayat : وَسَخَّرَ لَكُمْ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا مِنْهُ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
  • Terjemahan : Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir

1b. Potensi pengembangan teknologi adalah ilmuwan yang mengembangkannya dan itu berasal dari apa yang ada di bumi. Semua itu diciptakan Allah untuk manfaat dan maslahat manusia. Hal ini tentunya mengharuskan mereka banyak bersyukur kepada Allah.

2a. Ayat dan Terjemah QS Al-Hajj/22:54

  • Ayat : وَّلِيَعْلَمَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ اَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّكَ فَيُؤْمِنُوْا بِهٖ فَتُخْبِتَ لَهٗ قُلُوْبُهُمْۗ وَاِنَّ اللّٰهَ لَهَادِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ
  • Terjemah : Dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu, meyakini bahwa (Al-Quran) itu benar dari Tuhanmu lalu mereka beriman dan hati mereka tunduk kepadanya. Dan sungguh, Allah pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus.

2b. Keterkaitan ilmu dengan iman dan hati yang tunduk adalah salah satu hikmah dari mendapat ilmu akan membuat seseorang beriman kepada Allah dan juga akan membuathati kita selalu tunduk kepada Allah sehingga kita sangat dianjurkan untuk selalu menuntut ilmu khususnya ilmu agama.

2c. Ayat dan Terjemah Q.S Al-Baqarah/2:111

  • Ayat : وَقَالُوْا لَنْ يَّدْخُلَ الْجَنَّةَ اِلَّا مَنْ كَانَ هُوْدًا اَوْ نَصٰرٰى ۗ تِلْكَ اَمَانِيُّهُمْ ۗ قُلْ هَاتُوْا بُرْهَانَكُمْ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ
  • Terjemah: Dan mereka (Yahudi dan Nasrani) berkata, “Tidak akan masuk surga kecuali orang Yahudi atau Nasrani.” Itu (hanya) angan-angan mereka. Katakanlah, “Tunjukkan bukti kebenaranmu jika kamu orang yang benar”.
Trending :  B a) b) Apa yang dapat Anda informasikan berdasarkan gambar di atas? Kelompokkanlah gambar tersebut berdasarkan tempat terjadinya pencemaran air, udara)

2d. Budaya akademik yang berarti berkata dan berbuat dengan didasari bukti dan fakta telah disinggung dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 111. Di dalam ayat tersebut dipatahkan klaim kaum Ahli Kitab saat itu bahwa hanya merekalah yang akan masuk surga. Ayat tersebut menantang mereka untuk menunjukkan bukti (burhaan) atas klaim mereka. Hal ini menunjukkan ciri budaya akademik yang selalu berdasarkan bukti ilmiah sehingga perkataan dan perbuatan menjadi kuat didasari dengan data yang terbukti secara ilmiah, bukan sekedar klaim belaka.

3. Ayat dan Makna QS Az-Zumar Ayat 13

  • Ayat : قُلۡ يٰقَوۡمِ اعۡمَلُوۡا عَلٰى مَكَانَتِكُمۡ اِنِّىۡ عَامِلٌ‌ۚ فَسَوۡفَ تَعۡلَمُوۡنَۙ
  • Terjemah: Katakanlah (Muhammad), “Wahai kaumku! Berbuatlah menurut kedudukanmu, aku pun berbuat (demikian). Kelak kamu akan mengetahui
  • Makna : Ayat dalam Al-Quran tersebut menjelaskan tentang perpaduan karakter budaya kerja yang sesuai dalam kehidupan sehari-hari. Pada ayat ini, Rasulullah juga diperintahkan agar merasa takut melanggar larangan-larangan Allah, seperti tidak berbuat ikhlas dalam menjalankan perintah dan mengesakan-Nya. Apabila ia takut melanggar larangan-larangan-Nya berarti takut akan siksa yang amat dahsyat yang akan ditimpakan pada hari perhitungan. Pada hari itu semua perbuatan manusia baik atau pun buruk diperiksa dan diberi balasan yang setimpal.

Pembahasan  

Al-Quran memerintahkan manusia untuk terus berupaya meningkatkan kemampuan ilmiahnya. Hal ini dapat menjadi pemicu manusia untuk terus mengembangkan teknologi dengan memanfaatkan anugerah Allah SWT yang dilimpahkan kepadanya. Karena itu, laju teknologi memang  tidak dapat dibendung. Hanya saja manusia dapat berusaha mengarahkan diri agar tidak memperturutkan nafsunya untuk mengumpulkan  harta dan ilmu atau teknologi yang dapat  membahayakan dirinya.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com