Breaking News

Membedakan kebutuhan dan keinginan merupakan langkah dalam perencanaan keuangan yaitu ……

Membedakan kebutuhan dan keinginan merupakan langkah dalam perencanaan keuangan yaitu ……

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan dalam perencanaan Keuangan, kebutuhan merupakan hal yang harus diutamakan ketika kita merencanakan keuangan karena kebutuhan merupakan suatu hal yang harus dipenuhi oleh seorang manusia untuk menjalani kehidupan.

Sedangkan Keinginan tidak harus dipenuhi oleh manusia, ketika kita merencanakan keuangan keinginan ini harusnya menjadi hal terakhir yang kita penuhi, tidak harus dipenuhi tetapi jika memang kita memiliki dana atau uang lebih bisa untuk dipenuhi.

Pembahasan:

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus dipenuhi dalam kehidupan manusia dalam rangka untuk menjalani kehidupan. Kebutuhan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan seseorang karena tanpa kebutuhan manusia tentu akan sulit menjalani kehidupannya. Kebutuhan bersifat terikat, maksudnya di sini kebutuhan terikat dengan manusia, ketika seorang manusia hidup maka harus juga dengan memenuhi kebutuhannya.

Menurut Intensitasnya, kebutuhan dibagi menjadi tiga yaitu: Kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder dan Kebutuhan Tersier.

  1. Kebutuhan Primer merupakan kebutuhan dasar seorang manusia, semua manusia yang hidup harus memenuhi kebutuhan primernya. Tidak memandang kemampuan ekonomi, siapapun harus memenuhi primer ini. Kebutuhan Primer contohnya yaitu makanan, pakaian, rumah.
  2. Kebutuhan Sekunder merupakan kebutuhan tambahan yang mendampingi kebutuhan Primer. Kebutuhan sekunder tidak harus dipenuhi oleh seseorang, semua tergantung kemampuan ekonomi. Contoh kebutuhan Sekunder yaitu televisi, handphone.
  3. Kebutuhan Tersier merupakan kebutuhan mewah, disebut mewah karena biasanya kebutuhan ini hanya dipenuhi oleh orang-orang yang ekonominya tinggi dan kebutuhan ini juga biasanya hanya untuk kesenangan seseorang. Contoh misal liburan ke luar negeri, mobil dll.

Keinginan adalah segala hal yang berlebih terhadap sesuatu yang dianggap kurang. Keinginan ini tidak harus dipenuhi oleh seseorang karena keinginan tidak terlalu penting dalam kehidupan manusia. Biasanya keinginan manusia hanya untuk memenuhi hasratnya saja tanpa ada kegunaan atau manfaatnya untuk kehidupan. Keinginan ini tidak bersifat mengikat seperti kebutuhan.

Dalam merencanakan keuangan kita harus sangat bijak membedakan antara mana kebutuhan kita dan mana yang merupakan keinginan kita. Utamakan dahulu kebutuhan sebelum memenuhi keinginan, karena kebutuhanlah yang berpengaruh terhadap kehidupan kita dan Keinginan biasanya hanya sesaat saja untuk menyenangkan diri kita.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Jelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan proses Aklimatisasi !