Breaking News

Melalui tulisannya, Ki Hajar Dewantara mengkritik habis-habisan perlakuan pemerintahan belanda terhadap bangsa indonesia. tulisan tersebut berjudul …..

Melalui tulisannya, Ki Hajar Dewantara mengkritik habis-habisan perlakuan pemerintahan belanda terhadap bangsa indonesia. tulisan tersebut berjudul …..

Ki Hadjar Dewantara mengkritik pemerintahan Belanda melalui tulisannya yang berjudul Als Ik Eens Nederlander Was. Tulisan tersebut diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu Seandainya Aku Seorang Belanda.

Pembahasan

Artikel ini dimuat di surat kabar De Express milik Douwes Dekker. Dalam tulisannya Ki Hadjar Dewantara mengkritik sikap Belanda yang sering meminta sumbangan dari rakyat Indonesia untuk merayakan kemenangan. Pasalnya saat itu Belanda merayakan kebebasan mereka dari penjajahan Perancis, namun uang perayaan itu mereka menarik uang dari rakyat Indonesia. Akibat tulisan ini Ki Hadjar Dewantara, Setiabudhi dan Ciptomangunkusumo diasingkan ke Belanda.

Berikut kutipan isi tulisan tersebut berisi:

Sekiranya aku seorang Belanda, aku tidak akan menyelenggarakan kemerdekaan di negeri yang kita sendiri telah merampas kemerdekaannya. Bukan saja tidak adil, tetapi juga tidak pantas untuk menyuruh inlander memberikan sumbangan untuk dana perayaan itu.

 

Sebelum tulisan ini banyak dikenal, Ki Hadjar Dewantara sudah banyak membuat tulisan yang berisi kritik terhadap Pemerintah Belanda. Pada saat itu Ki Hadjar Dewantara bersama dengan Setiabudhi dan Cipto Mangunkusumo mendirikan Komite Bumiputera. Komite ini dibentuk untuk menandingi Komite Perayaan Seratus Tahun Kemerdekaan Bangsa Belanda.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Batuan berikut ini yang terbentuk karena peristiwa pengendapan akibat pelapukan kimia adalah