Zat antimikroba yang secara alamiah terkandung dalam air mata urine dan keringat adalah

Zat antimikroba yang secara alamiah terkandung dalam air mata urine dan keringat adalah

 

Sistem pertahanan tubuh manusia berfungsi untuk melindungi tubuh manusia dari serangan mikroorganisme yang merugikan dan berbahaya. Air mata, urine, dan keringat mengeluarkan enzim lisozim untuk membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Pembahasan

Mekanisme pertahanan manusia dibedakan menjadi 2 yaitu pertahanan nonspesifik dan spesifik. Dalam pertahanan nonspesifik merupakan respon paling utama saat mikroorganisme yang berbahaya masuk ke dalam tubuh. Tahap pertahanan nonspesifik antara lain:

  • Pertahanan Garis Utama yang dibedakan menjadi fisik dan kimiawi. Pertahanan fisik antara lain kulit dan bulu-bulu yang ada sedangkan kimiawi berarti hasil ekskresi dari organ tubuh. Contoh kimiawi adalah lambung mengelurkan anzim HCl untuk membunuh mikroorganisme yang masuk bersama makanan dan air mata, urine, dan keringat yang mengandung enzim lisozim untuk membunuh bakteri.
  • Pertahanan Garis Kedua ini akan menyerang patogen atau mikroorganisme yang berhasil melewati pertahanan garis utama. Proses pertahanan garis kedua adalah fagositosis, inflamasi, demam, interferon, dan sistem komplemen.

Sedangkan tahap pertahanan tubuh spesifik dibagi menjadi dua yaitu pertahanan spesifik seluler dan pertahanan spesifik humoral. Sistem pertahanan ini akan bekerja jika antigen berhasil masuk ke dalam cairan ataupun sel tubuh.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Salah satu peran besar yang dilakukan pers atau para jurnalis dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan indonesia, antara lain ... .