Urutan siklus hidup tumbuhan bryophyta pada fase ganetofitnya adalah

Urutan siklus hidup tumbuhan bryophyta pada fase ganetofitnya adalah

Urutan siklus hidup tumbuhan bryophyta pada fase gametofit adalah:

  1. Spora
  2. Protonema
  3. Tumbuhan lumut.
  4. Anteridium atau kelamin jantan, dan arkegonium atau kelamin betina.
  5. Sperma dan ovum.
  6. Zygot

Pembahasan

Tumbuhan bryophyta atau tumbuhan lumut adalah salah satu tumbuhan yang mengalami pergiliran keturunan atau metagenesis. Perkembangbiakan tumbuhan bryophyta terjadi melalui dua siklus yaitu fase generatif atau fase gametofit, dan fase vegetatif atau fase sporofit.

Fase generatif atau fase gametofit pada tumbuhan bryophyta menghasilkan gamet jantan (sperma) dan gamet betina (ovum). Sehingga fase gametofit pada tumbuhan bryophyta adalah tumbuhan bryophyta atau lumut itu sendiri. Pada fase gametofit tumbuhan bryophyta memiliki anteridium yaitu alat kelamin jantan yang berfungsi untuk menghasilkan sperma dan arkegonium yaitu alat kelamin betina yang berfungsi untuk menghasilkan ovum.

Sedangkan pada fase sporofit pada tumbuhan bryophyta menghasilkan  spora yaitu sebagai alat perkembangbiakan vegetatif.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Suatu waktu diketahui koloni semut mencari makanan, mereka bersama-sama keluar mulai dari sarangnya (S) sejauh 10 m hingga ke tempat A, karena tidak ditemui makanan semut-semut tersebut mencari lagi sejauh 15 m ke tempat B dimana disinilah ditemukan makanan itu. Kemudian melalui jalur yang berbeda semut itu kembali ke sarang melewati titik C. Jika jarak tempat A ke C adalah 8 m, maka semut-semut itu melakukan perjalanan sejauh KA A. 48 m