Tokoh pembaruan di mesir bernama muhammad abduh telah menulis kitab tafsir terkenal yaitu2026.

Tokoh pembaruan di mesir bernama muhammad abduh telah menulis kitab tafsir terkenal yaitu….

Tokoh pembaruan di mesir bernama muhammad abduh telah menulis kitab tafsir terkenal yaitu tafsir Juz Amma dan tafsir Al Mannar.

Pembahasan:

Muhammad Abduh merupakan salah satu tokoh dalam islam. Salah satu tokoh yang menggagas gerakan islam modern adalah Muhammad Abduh yang mana ia berasal dari Mesir. Pendidikan Muhammad Abduh yitu pernah belajar di Al-Azhar Kairo dengan mengambil jurusan filsafat dan logika. Jamaluddin Al-Afghani yang diketahui merupakan tokoh islam yang dikenal sebagai salah satu guru dari Muhhammad Abduh.

Adapun tafsir yang ditulis oleh tokoh pembaruan dimesir bernama Muhammad Abduh adalah tafsir Juz Amma dan tafsir Al Quran Hakim atau disebut tafsir Al Mannar yang mana tafsir ini pertama dilakukan oleh Muhammad Abduh kemudian dilanjutkan oleh muridnya, yaitu Muhammad Rasyid Ridha.

Selain itu salah satu karya Muhammad Abduh yang terkenal juga tentang buku yang berjudul Risalah at-Tawhid yang diterbitkan pada tahun 1897. Pemikirannya terkait tafsir dan karya lainnya  banyak terinspirasi dari Ibnu Taimiyah. Hasil dari pemikirannya banyak menginspirasi organisasi-organisasi Islam di Indonesia, salah satunya contohnya adalah organisasi Muhammadiyah, terkait pendapatnya mengenai Islam yang akan maju apabila umatnya mau belajar, tidak hanya dalam lingkup ilmu agama saja, tetapi juga ilmu sains yang banyak berguna bagi kehidupan.

Teologi (ilmu tauhid) yang dikemukakan oleh Muhammad Abduh mempunyai dua objek kajian, yaitu tentang Allah dan yang kedua tentang Rasul. Kajian yang ditulis tentang Allah tidak hanya membicarakan tentang wujud Allah, tetapi juga tentang bagaimana manusia sebagai ciptaan Tuhan.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Sebutkan 3 faktor runtuhnya kerajaan Majapahit !