Teks negosiasi juga bisa disebut sebagai teks yang didalamnya berisi proses untuk mencapai

Teks negosiasi juga bisa disebut sebagai teks yang didalamnya berisi proses untuk mencapai

Kesepakatan merupakan tujuan akhir yang dicapai dalam teks negoisasi. Teks negosiasi merupakan teks yang didalamnya mengandung beberapa kesepakatan mengenai suatu hal tertentu.

Pembahasan:

Teks negosiasi merupakan suatu bentuk teks yang didalamnya menyajikan suatu penawaran akan barang atau jasa yang biasanya berfungsi sebagai media untuk mencapai suatu penyelesaian bersama antara pihak yang memiliki perbedaan kepentingan. Struktur teks negosiasi terdiri dari orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, pembelian dan penutup. Berdasarkan jenisnya teks negosiasi dibedakan menjadi dua yaitu teks negosiasi formal yang biasanya ditujukan untuk menawarkan barang dan jasa untuk lembaga formal dan teks negosiasi informal yang berisi penawaran barang dan jasa dengan tujuan informal. Adapun tujuan dari teks negosiasi yaitu untuk memperoleh kesepakatan bersama, mencari jalan keluar bersama, memutuskan sesuatu dengan hasil yang menguntungkan kedua belah pihak.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Sebutkan dan jelaskan pertimbangan apa saja yang perlu diperhatikan produsen dalam memilih saluran pemasaran