Breaking News

Peristiwa gunung meletus gempa bumi dan tanah longsor sering terjadi di wilayah indonesia

Peristiwa gunung meletus gempa bumi dan tanah longsor sering terjadi di wilayah indonesia

Berdasarkan letak geografisnya, kepulauan Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dengan demikian, wilayah Indonesia berada pada posisi silang, yang mempunyai arti penting dalam kaitannya dengan iklim dan perekonomian.

Maka jawaban yang paling tepat pada soal diatas adalah aspek geosfer pada lapisan litosfer.

Pembahasan

  • Gunung meletus

Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di garis ring of fire atau lingkaran api. Kondisi ini yang menyebabkan banyaknya gunung di Indonesia, entah itu gunung aktif maupun tidak. Dilansir dari web Magma Indonesia, tercatat Indonesia memiliki jumlah gunung api sebanyak 127 dan dari jumlah gunung api tersebut, hanya 69 gunung api aktif yang dipantau oleh PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi).

Faktor kondisi di dalam dapur magma, Menurut Ahli Vulkanologi tersebut, hal ini berkaitan dengan jumlah magma yang terdapat di dalamnya. Magma mengkristal karena suhu menurun. Magma yang sudah terkristalisasi lebih berat daripada batuan panas-semi cair sehingga akan tenggelam ke dasar magma. Hal ini mendorong tekanan pada penutup ruang karena sisa magma tersebut ke atas. Sebuah letusan terjadi ketika tutupnya tidak lagi mampu menahan tekanan.

  • Gempa bumi

Sebagai negara yang berada di daerah Cincin Api Pasifik (Ring of Fire), Indonesia tidak akan lepas dari ancaman gempa bumi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan pada tahun 2018 akan terjadi gempa di Indonesia rata-rata 500 kali setiap bulan.

Trending :  Permukaan bulan yang selalu menghadap bumi selalu sama. hal tersebut disebabkan karena2026.

Gempa yang berpusat di laut terkadang juga akan mendatangkan bencana lainnya seperti tsunami. Saat ini, Indonesia belum memiliki alat yang bisa memprediksi gempa lebih detail. Peringatan dini tsunami baru akan diaktivasi jika gempa di atas skala 7 Skala Richter dan kedalaman 20 km. Untuk itu, diharapkan masyarakat tetap dapat waspada jika ada tanda maupun peringatan gempa.

  • Tanah longsor

Menurut BNPB, daerah-daerah yang rawan longsor antara lain terdapat di sepanjang Bukit Barisan di Sumatera, Jawa bagian tengah dan selatan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com