Breaking News

Salah satu perbedaan antara cara kerja sistem saraf dengan sistem hormon adalah bahwa sistem saraf2026.

Salah satu perbedaan antara cara kerja sistem saraf dengan sistem hormon adalah bahwa sistem saraf….

Salah satu perbedaan antara cara kerja sistem saraf dengan sistem hormon adalah bahwa sistem saraf responsnya langsung terhadap rangsang. Sedangkan pada sistem hormon responsnya tidak langsung atau lambat.

Pembahasan:

Jaringan kompleks yang memiliki peran penting untuk mengatur setiap kegiatan dalam tubuh disebut sistem saraf. Impuls saraf berjalan cepat dihantarkan langsung melalui serabut saraf. Sistem saraf dibagi menjadi dua bagian, antara lain sistem saraf tepi dan sistem saraf pusat.

  • Saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Sistem saraf pusat terletak di tengkorak dan kanal vertebralis tulang belakang, termasuk saraf di sumsum tulang belakang dan otak.
  • Saraf tepi terdiri dari sistem saraf somatik dan otonom.

Kedua sistem tersebut bekerja sama untuk mengumpulkan informasi dari dalam tubuh hingga lingkungan luarnya.

Adapun perbedaan antara cara kerja sistem saraf dan sistem hormon, yaitu:

  • Pada sistem saraf memiliki ciri-ciri respon langsung terhadap rangsang yang dibawa oleh sel saraf (neuron), dan respons cepat.
  • Pada sistem hormon memiliki ciri-ciri respons tidak langsung dengan hormon dibawa melalui peredaran darah, dan respons lambat.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Sejak kedatangan bangsa portugis di malaka pada 1511, perekonomian kerajaan samudera pasai mengalami penurunan. penurunan perekonomian tersebut disebabkan oleh2026..