Breaking News

Rekening pendapatan bunga sebesar 500.000 pada akhir periode akan ditutup dengan membuat jurnal penutup yaitu 2026

Rekening pendapatan bunga sebesar 500.000 pada akhir periode akan ditutup dengan membuat jurnal penutup yaitu …

Cara menutup akun pendapatan bunga pada akhir periode yaitu dengan mendebit akun pendapatan bunga dan juga mengkredit akun ikhtisar laba/rugi. Jurnalnya yaitu

Pendapatan Bunga (Debit) Rp500.000

Ikhtisar Laba/Rugi (Kredit) Rp500.000

Pembahasan:

Jurnal penutup adalah salah satu jurnal yang ada dalam siklus akuntansi yang dibuat pada akhir periode untuk menutup akun-akun nominal (pendapatan dan beban) agar bersaldo nol. Tujuan dari dibuatnya jurnal penutup ini karena ada beberapa akun (akun nominal) yang harus disesuaikan hingga bersaldo nol supaya tidak mempengaruhi pencatatan pada periode selanjutnya.

Fungsi lain dari jurnal penutup yaitu memisahkan akun pendapatan dan beban. Hal ini dilakukan agar kedua akun tersebut tidak bercampur dengan saldo pada periode berikutnya. Setelah pemisahan kedua akun tersebut, maka perusahaan bisa mulai menyusun periode berikutnya. Kegunaan lain yaitu agar laporan keuangan yang disajikan bersifat riil yaitu hanya berisi akun akun riil (aset, liabilitas dan ekuitas).

Komponen atau akun-akun dalam jurnal penutup berisi akun nominal (pendapatan dan beban-beban) serta prive dan juga akun ikhtisar laba/rugi untuk menutup.

Cara menjurnal untuk soal diatas yaitu:

Pendapatan Bunga (Debit)

Ikhtisar Laba/Rugi (Kredit)

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  1. Tunjukkan dengan gambar pembentukan kurva IS berdasarkan analisis Keynesian!, 2. Transaksi dalam neraca pembayaran dapat dibedakan menjadi dua macam transaksi, yaitu transaksi debit dan transaksi kredit. Jelaskan apa itu transaksi debit beserta 3 contohnya!, 3. Jelaskan mengapa investor melakukan investasi di pasar internasional! , Sedia jawaban Tugas 1 UT,jawaban terjamin,jawaban anti plagiarisme,harga murah,amanah,selebihnya pc 082181028130.