Breaking News

Pan-islamisme lahir karena didorong oleh keadaan dunia pada saat itu, yait

Pan-islamisme lahir karena didorong oleh keadaan dunia pada saat itu, yaitu

Pan-Islamisme lahir karena adanya dorongan menggenai keadaan dunia pada saat itu yaitu, sejak abad dimana terjadi kemunduran pada dunia islam dan kemajuan pada dunia barat yang disertai oleh penjajahan negara negara islam. Apalagi Jamaludin melihat bahwa para pemimpin negeri negeri islam menjadi perantara adanya bahaya dari bangsa asing tersebut, ia beranggapan bahwa dunia islam sedang menjadi permainan politik oleh dunia barat.

Pembahasan:

Ideologi adalah ilmu atau ajaran mengenai gagasan dan buah pikiran yang didalamnya terkandung konsep dasar tentang kehidupan yang dicita citakan oleh suatu bangsa. Di dunia ini lahir berbagai macam ideologi ideologi besar  antara lain Liberalisme, Sosialisme, Pan-Islamisme, Demokrasi, dan Nasionalisme.

Pan-Islamisme adalah suatu paham atau ideologi yang berasal dari gagasan Jamaludin Al-Afghani yang bertujuan untuk menyatukan umat islam di dunia. Pan-Islamisme ini berkembang sejak abad dimana terjadi kemunduran pada dunia islam dan kemajuan pada dunia barat yang disertai oleh penjajahan negara negara islam. Apalagi Jamaludin melihat bahwa para pemimpin negeri negeri islam menjadi perantara adanya bahaya dari bangsa asing tersebut, ia beranggapan bahwa dunia islam sedang menjadi permainan politik oleh dunia barat. Kondisi islam inilah yang meyakinkan Jamaludin untuk menyatukan islam diseluruh dunia yang kita kenal dengan sebutan Pan-Islamisme.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Apa yang dimaksud dengan pelaporan terintegrasi ?