Breaking News

Mengapa awal terbentuknya organisasi pergerakan nasional

Mengapa awal terbentuknya organisasi pergerakan nasional

Organisasi pergerakan nasional adalah organisasi yang dibentuk untuk memerdekakan NKRI. Awal mula terbentuknya organisasi pergerakan nasional ini, para anggotanya takut sehingga memilih bersikap moderat. Hal ini karena terjadinya krisis ekonomi.

Pembahasan :

Organisasi pergerakan nasional adalah organisasi yang dibentuk untuk memerdekakan NKRI. Terdapat 3 organisasi pergerakan nasional. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Budi Utomo
  • Sarekat Islam
  • Indische Partij

Latar belakang berdirinya organisasi pergerakan nasional adalah adanya rasa menderita karena telah dijajah oleh bangsa lain yang menyebabkan keinginan untuk memerdekakan diri dari bangsa Indonesia. Keinginan memerdekakan diri tersebut dirasakan oleh semua golongan. Mereka ingin hidup tentram tanpa merasa tertekan karena dijajah oleh bangsa lainnya.

Namun dalam keberjalanannya organisasi pergerakan nasional ini bersifat moderat dikarenakan gagalnya pemberontakan PKI 1926 1927. Organisasi pergerakan nasional ini lalu menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah kolonial Belanda.

PKI juga termasuk dalam organisasi pergerakan nasional meski pahamnya tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Hal ini karena PKI sendiri ingin memerdekakan Indonesia dengan perlawanan secara radikalisme.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Tren pasar dalam pengelolaan usaha bengkel akan sangat mempengaruhi