Breaking News

Kelainan diabetes mellitus terjadi karena tingginya konsentrasi gula dalam darah seseorang. sebenarnya tubuh dapat mensekresikan hormon untuk mengurangi tingginya kadar gula tersebut, namun kadangkala organ penghasil hormon tersebut rusak atau mengalami gangguan. organ yang dimaksud adalah2026.

Kelainan diabetes mellitus terjadi karena tingginya konsentrasi gula dalam darah seseorang. sebenarnya tubuh dapat mensekresikan hormon untuk mengurangi tingginya kadar gula tersebut, namun kadangkala organ penghasil hormon tersebut rusak atau mengalami gangguan. organ yang dimaksud adalah….

 

Diabetes mellitus dapat terjadi karena konsentrasi gula dalam darah tinggi. Pada manusia tedapat organ pankreas yang dapat mengeluarkan hormon insulin.

 

Pembahasan

Pankreas termasuk kedalam kelenjar pencernaan yang mengeluarkan enzim pencernaan, hormon insulin, dan glukagon. Pankreas terdiri dari jaringan eksokrin dan endokrin. Bagian eksokrin mengeluarkan enzim pencernaan melalui duktus pankreatikus ke dalam lumen saluran cerna. Sedangkan sel endokrin pankreas yang terbanyak adalah sel β (beta) yang berfungsi sebagai tempat sintesis dan sekresi insulin dan sel α (alfa) merupakan tempat yang menghasilkan glukagon, serta sel D (delta) yang berfungsi sebagai tempat sintesis somatostatin.

Hormon insulin yang dikeluarkan oleh pankreas memiliki efek penting pada proses metabolisme lemak, karbohidrat, dan protein. Hormon ini dapat menurunkan kadar glukosa, asam lemak, dan asam amino darah serta mendorong penyimpanan bahan-bahan tersebut.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Tuliskan empat ketentuan bendera negara dapat dikibarkan!