Breaking News

Paham negara kepulauan, yaitu paham yang dikembangkan dari asas

Paham negara kepulauan, yaitu paham yang dikembangkan dari asas

Paham negara kepulauan, yaitu paham yang dikembangkan dari asas kesatuan. Dengan kata lain, dari seluruh gugusan negara kepulauan Indonesia dimana segala isi dan kekayaan alam dan budayanya harus disatukan dan dimanfaatkan untuk kepentingan meningkatkan kesejahteraan rakyat bangsa Indonesia.

Pembahasan

Paham Archipelago (Kepulauan) adalah sebuah paham bangsa Indonesia sebagai negara yang terdiri dari kepulauan yang sangat luas dari Sabang sampai Merauke. Karena hal ini, negara Indonesia disebut sebagai negara maritim. Negara Kepulauan adalah suatu istilah yang diresmikan oleh Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atas Hukum Laut yang berarti sebuah negara kepulauan yang wilayahnya terdiri dari satu gugus kepulauan besar atau lebih yang dikelilingi oleh banyak pulau-pulau lain.

Kata archipelagos berasal dari bahasa Italia yang terdiri dari dua suku kata yaitu Archi dan Pelagos. Archi artinya “terpenting” dan pelagos artinya “wilayah laut”. Dalam paham kepulauan, pulau-pulau yang berada di suatu wilayah merupakan suatu satu kesatuan. Jadi Indonesia menurut asas kepulauan, pulau-pulau di Indonesia merupakan satu asas kesatuan wilayah yang dihubungkan olah lautan.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Keadaan gizi kurang menyebabkan pembentukan zat anti atau zat pelindung terhadap penyakit juga kurang sehingga tubuh mudah terserang penyakit hal ini pengaruh gizi terhadap