In group merupakan kelompok sosial yang dijadikan media/sarana para anggotanya untuk2026..

In group merupakan kelompok sosial yang dijadikan media/sarana para anggotanya untuk…..

In-group merupakan kelompok sosial yang dijadikan media/sarana para anggotanya untuk bersatu dengan memiliki kesamaan tujuan, cita-cita, nasib, dan norma-norma. Pada dasarnya, in-group adalah sekelompok individu yang memiliki identifikasi sosial yang sama sehingga memiliki ikatan persaudaraan yang kuat dan loyal terhadap satu sama lain.

Pembahasan

Ungkapan lawan dari in-group adalah out-group dimana out-group adalah kelompok di luar in-group yang memiliki perbedaan visi dan tujuan yang bertentangan dengan visi dan tujuan dari in-group. Perbedaan pandangan ini menyebabkan terwujudnya antagonisme dan antipati terhadap group yang bukan mereka. Tidak bisa dipungkiri, hubungan dengan kelompok yang berbeda memiliki dimensi tersendiri dengan terhambatnya kerukunan dan kurang bersahabat.

Berikut beberapa contoh dari kelompok in-group dan out-group dalam kehidupan sehari-hari:

 

1. Contoh In-group:

  • Kami warga RW 02, berniat menjadikan wilayah RW 02 sebagai percontohan lingkungan bebas sampah.
  • Sebagai in-group dari sebuah komunitas vegetarian yang tidak mengkonsumsi daging.

2. Contoh Out-group:

  • Dalam pertandingan sepak bola antara team A dan team B, maka team B merupakan out-group dari team A.
  • Dalam perang Ukraina dan Rusia, tentara Rusia adalah out-group tentara Ukraina, atau tentara Ukraina adalah out-group tentara Rusia.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Bagaimana hubungan antara peningkatan kualitas produk/ jasa dengan peningkatan profitabilitas perusahaan dari sudut pandang manajemen operasi ?