Breaking News

Zat yang seluruh bagiannya mempunyai sifat dan susunan sama disebut zat

Zat yang seluruh bagiannya mempunyai sifat dan susunan sama disebut zat

Zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Zat murni merupakan zat yang seluruh bagiannya mempunyai sifat dan susunan yang sama.

Pembahasan

Zat atau materi adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.  Sifat-sifat zat antara lain:

  • Memiliki massa yang dapat dibuktikan dengan menimbang zat atau benda tersebut sehingga akan terlihat nilai massanya. Contohnya ketika kita menimbang air dan gelas maka akan terlihat massa air dan gelas.
  • Menempati ruang berarti zat selalu memerlukan ruang dan dan menempatinya untuk menunjukkan keberadaannya. Contohnya saat kita meniup balon, maka balon tersebut akan menggembung karena terisi oleh udara.

Suatu zat tersebut dikelompokkan menjadi:

  • Zat murni berarti pada zat tersebut seluruh bagiannya mempunyai susunan yang tetap dan sifat-sifat yang sama serta tidak dapat dipisah –pisahkan kecuali dengan perubahan kimia. Contohnya emas dan perak.
  • Zat campuran berarti zat yang terbentuk karena penggabungan dua atau lebih zat di mana dalam penggabungan tersebut masing-masing zat mempertahankan identitasnya. Contohnya larutan gula.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Jika 5 L gas nitrogen direaksikan dengan 15 L gas hidrogen,dihasilkan amonia menurut reaksi:N2(g) + H2(g) 2192 NH3(g) (belum setara).Pada suhu dan tekanan yang sama,voume gas NH3(g) yang dihasilkan adalah...