Breaking News

Bagaimana benda dengan massa yang sama dapat memiliki volume yang berbeda dan bagaimana benda dengan volume yang sama dapat memiliki massa yang berbeda?

Bagaimana benda dengan massa yang sama dapat memiliki volume yang berbeda dan bagaimana benda dengan volume yang sama dapat memiliki massa yang berbeda?

Benda bermassa sama bisa mempunyai volume yang berbeda. Benda bervolume sama bisa mempunyai massa yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh massa jenis benda yang berbeda-beda.

Pembahasan

Massa jenis merupakan perbandingan antara massa benda dengan volume benda. Semakin besar massa suatu benda, semakin besar pula massa jenisnya. Semakin besar volume suatu benda, semakin kecil massa jenisnya. Dalam sistem Satuan Internasional (SI), massa jenis memiliki satuan kg/m³. Massa jenis pada suatu benda umumnya berbeda dengan benda lainnya. Penyebabnya adalah dasar dari massa jenis itu sendiri, yaitu massa jenis merupakan jumlah materi yang ada dalam satu satuan volume benda.

Ukuran massa jenis bermanfaat dalam identifikasi dan pembedaan antarbahan. Ini disebabkan pada zat yang berbeda terdapat kerapatan yang bervariasi. Contohnya adalah perbandingan antara satu ton bulu dengan satu ton batu. Keduanya mempunyai massa yang sama, yaitu satu ton. Namun, satu ton bulu akan mengisi volume yang jauh lebih besar daripada satu ton batu. Inilah akibat dari adanya massa jenis tersebut.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Contoh mengenai kegiatan lobi dan negosiasi yang kalian pernah lakukan