Breaking News

Aliran sungai yang berkelok-kelok secara teratur dengan arah pembelokan lebih atau kurang 1802070 disebut . . . . a. oxbow lake b. food plain c. meander d. delta e. dataran banjir

Aliran sungai yang berkelok-kelok secara teratur dengan arah pembelokan lebih atau kurang 180⁰ disebut . . . . a. oxbow lake b. food plain c. meander d. delta e. dataran banjir

Aliran sungai yang berkelok-kelok secara teratur dengan arah pembelokan lebih atau kurang 180⁰ disebut . . . .

a. Oxbow lake

b. Flood plain

c. Meander

d. Delta

e. Dataran banjir

Jawaban: c. Meander

Pembahasan

Jawaban yang benar adalah c. Meander dimana Meander (Kelokan Sungai) merupakan aliran sungai yang berkelok-kelok secara teratur dengan arah pembelokan kurang lebih 180 derajat.

Jawaban a. Oxbow lake adalah bukan jawaban yang benar. Oxbow lake merupakan sebuah danau dengan bentuk menyerupai tapal kuda. Oxbow lake terbentuk karena terpotongnya sungai dari aliran sungai utama dan menjadi terpisah sehingga tercipta sebuah danau yang airnya tidak bergerak (air dari sisa sungai yang terjebak).

Jawaban b. Flood Plain adalah juga bukan jawaban yang benar. Flood Plain merupakan sebuah dataran banjir yang kalau terjadi hujan maka dataran tersebut akan digenangi air, namun ketika genangan kering maka area tersebut kembali menjadi dataran biasa.

Jawaban d. Delta bukan merupakan jawaban yang benar. Delta merupakan sebuah pulau bentukan dari hasil sedimentasi yang terjadi di muara sungai.

Jawaban e. Dataran banjir adalah jawaban dengan istilah yang sama dengan jawaban b. Flood Plain (kedua frasa tersebut memiliki arti yang sama).

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Trending :  Mengapa yang bukan muhrim tidak boleh bersentuhan ?

Beritaterunik.com