Breaking News

Berbagai diskon di mal/pusat perbelanjaan ternyata efektif mendorong masyarakat berbelanja di luar batas kemampuannya. Gejala sosial tersebut sejalan dengan salah satu ciri perilaku konsumtif yaitu !

Berbagai diskon di mal/pusat perbelanjaan ternyata efektif mendorong masyarakat berbelanja di luar batas kemampuannya. Gejala sosial tersebut sejalan dengan salah satu ciri perilaku konsumtif yaitu !

Salah satu gejala sosial yang terdapat dilingkungan sosial berhubungan dengan prilaku konsumtif yaitu senantiasa memiliki dorongan atau motivasi untuk berbelanja secara berlebihan di luar batas kemampuan individu tersebut dikarenakan beberapa faktor salah satunya yaitu potongan harga/diskon, untuk itu gejala sosial diatas berhubungan dengan salah satu ciri prilaku konsumtif yaitu: berprilaku lebih boros.

Pembahasan :

Pada dasarnya prilaku konsumtif adalah suatu permalasahan yang sudah lahir secara alami dilingkungan dan kehidupan manusia, adapun ciri-ciri prilaku konsumtif yaitu:

  1. Bersikap lebih boros hal ini biasanya bisa dikarenakan beberapa faktor salah satunya penjualan barang dinilai lebih murah dari biasanya misalnya harga baju dibulan bulan biasanya sekitar 300.000 namun salah satu teknik marketing yang dilakukan adalah melakukan potongan harga dari biasanya sehingga barang yang terjual dianggap lebih murah dibandingkan harga biasanya akibatnya banyak masyarakat yang membeli barang tersebut tanpa memikirkan kondisi dan situasi baik itu fungsi, manfaat, dan kebutuhan lainnya yang harus dipenuhi.
  2. Adanya keinginan untuk memiliki barang keluaran terbaru sebagai bagian kepuasan dalam hidup jika tidak ketinggalan dalam membelinya.
  3. Masyarakat atau individu lebih mengedepankan harga diri dan gengsi misalnya malu untuk memakai baju, barang, atau kendaraan yang sederhana hal ini diidentifikasi akibat perilaku manusia yang senantiasa ingin merasa lebih diatas dari pada orang-orang yang terdapat dilingkungan sekitarnya baik itu tetangga, atau pun keluarga lainnya. Hal ini berdampak ketika masyarakat memperoleh suatu barang tersebut secara kredit untuk memenuhi kepuasan dan gengsi yang dimilikinya.
Trending :  Fungsi argumentatif bahasa adalah fungsi memberikan alasan atau berargumen. fungsi ini diungkapkan oleh2026.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com