Breaking News

Bagaimanakah pembangunan sistem politik berdasarkan UUD 1945 !

Bagaimanakah pembangunan sistem politik berdasarkan UUD 1945 !

Sistem politik pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 :

Pembukaan UUD 1945 Alinea IV menyatakan bahwa kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu disusun dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat. Berdasarkan Pasal 1 Ayat 1 UUD 1945, Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Berdasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa bentuk negara Indonesia adalah kesatuan, sedangkan bentuk pemerintahannya adalah republik.

Selain bentuk negara kesatuan dan bentuk pemerintahan republik, Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan sebagai kepala negara dan sekaligus kepala pemerintahan. Hal itu didasarkan pada Pasal 4 Ayat 1 yang berbunyi, “Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undang-Undang Dasar.” Dengan demikian, sistem pemerintahan di Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensial.

Pembahasan

Undang-undang dasar merupakan hukum dasar tertulis yang mengikat dan mengatur pemerintahan, lembaga negara, lembaga masyarakat, warga negara. Undang-undang dasar berisikan keseluruhan naskah hukum yang terdiri dari pembukaan yang didalamnya terdapat rumusan dari pancasila dan pasal-pasal yang terdiri dar 20 bab dan 72 pasal. Pembukaan undang-undang dasar dan pasal-pasal yang terkandung dalam UUD 1945 merupakan satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  Seorang pemilik perusahaan produksi bohlam berpendapat bahwa bohlam merk TERANG dan SINAR tidak memiliki perbedaan rata-rata lamanya menyala dengan alternatif tidak sama. Untuk menguji pendapatnya, dilakukan percobaan dengan menyalakan 75 bohlam merk TERANG dan 40 bohlam merk SINAR sebagai sampel random. Ternyata diperoleh hasil bahwa rata-rata menyalanya adalah 945 jam dan 993 jam dengan simpangan baku 88 dan 97 jam. Ujilah pendapat tersebut, gunakan taraf nyata 6%.