Amati sebuah billboard atau papan reklame ukuran besar di kota atau lokasi sekitar Anda tinggal. Sebutkan kemasan pesan seperti apa yang dipasang, apa yang menarik, dan kira-kira dampak apa yang dapat timbul pada khalayak ramai?

Amati sebuah billboard atau papan reklame ukuran besar di kota atau lokasi sekitar Anda tinggal. Sebutkan kemasan pesan seperti apa yang dipasang, apa yang menarik, dan kira-kira dampak apa yang dapat timbul pada khalayak ramai?

Terlampir Bilboard dari Ivan Gunawan mengiklankan usaha Hair dan Makeup Studionya.

Kemasan pesan dan hal yang menarik dari iklan Billboard yang dipasang:

Ivan Gunawan memasang iklan Billboard tersebut seakan dia sebagai calon sebuah partai politik dengan menggunakan kata “nyalon” yang dapat diartikan mencalonkan diri. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah biasa melihat spanduk-spanduk ataupun Billboard yang banyak menyajikan calon-calon partai-partai politiknya persis dengan sosok wajah dari masing-masing calon. Sudut inilah yang dimanfaatkan oleh Ivan Gunawan untuk mencuri perhatian publik sebagai dalih untuk mempromosikan Hair dan Makeup Studionya. Billboard tersebut juga menyebutkan kata PODCAST yang berarti menargetkan segmen masyarakat modern yang fasih dengan teknologi.

Dampak yang dapat timbul pada khalayak ramai:

Dengan berpose layaknya Ivan Gunawan sebagai calon partai politik (nyalon) maka reaksi pertama masyarakat yang pertama kali melihat Billboard tersebut akan langsung mengena dan akan menjadi impresi yang melekat di dalam benak khalayak ramai. Selain itu kata PODCAST belakangan ini sudah sangat tidak asing lagi di masyarakat karena sudah menjadi konsumsi informasi sehari-hari di kalangan generasi milenial dan Gen Z. Dengan mencantumkan kata PODCAST tersebut maka atensi khalayak ramai dengan target segmentasi tersebut lebih efektif.

Pembahasan

Dalam memajukan sebuah perusahaan atau organisasi diperlukan upaya promosi yang efektif untuk memperkenalkan perusahaan atau organisasinya dan menarik perhatian khalayak ramai. Dalam membuat promosi ini berbagai perusahaan periklanan berlomba-lomba untuk menciptakan gambar dan pesan-pesan yang cukup kreatif untuk menarik perhatian publik sehingga dapat menciptakan kesan yang melekat dibenak masyarakat yang melihat, mendengar atau merasakannya.

Salah satu metode iklan yang cukup populer di Indonesia adalah dengan memanfaatkan Billboard (Papan Reklame). Papan Reklame adalah sebuah metode promosi yang menggunakan gambar besar yang dipasang di titik-titik keramaian yang banyak dilalui oleh khalayak ramai. Ukuran dari papan reklame ini terdiri dari beragam ukuran, semakin besar ukurannya biayanya pun akan lebih mahal. Ditambah lagi titik lokasi Billboard tersebut dipasang sangat menentukan mahal murahnya iklan tersebut dipasang.

Selain intu Papan Reklame juga dikenakan pajak daerah sesuai dengan ukuran dan lama pemasangan iklan tersebut lokasi yang dipilih. Pajak iklan Papan Reklame berbeda dari kota satu dengan kota lainnya. Sudah tentu, semakin besar dan padat penduduk kotanya akan semakin besar biaya iklan Papan Reklame tersebut.

Trending :  Teman-teman, jujur saja, kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi. Padahal, itu penting sekali untuk kita ketahui supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah. Nah, lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan.Paragraf tersebut merupakan teks persuatif bagian struktur ...

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com