Sesuai dengan wewenang dan tanggungjawabnya, manager pusat investasi tidak hanya, menargetkan laba, tetapi juga investasi untuk mencapai laba.Untuk mengaitkan laba dengan , investasi terdapat dua metode yang sangat umum. Sebutkan dan jelaskan

Sesuai dengan wewenang dan tanggungjawabnya, manager pusat investasi tidak hanya menargetkan laba, tetapi juga investasi untuk mencapai laba.Untuk mengaitkan laba dengan
investasi terdapat dua metode yang sangat umum. Sebutkan dan jelaskan

 

Dua metode yang sangat umum yang mengaitkan laba dengan investasi adalah:

  1. Metode Weighted Average Cost of Capital (WACC) – Metode WACC dalam bahasa Indonesia disebut dengan istilah Biaya Modal Rata-rata tertimbang. Metode WACC adalah metode penilaian investasi yang didasari dari nilai rata-rata dari berbagai sumber dana investasi (modal) sebuah perusahaan yang diperoleh dari berbagai macam instrumen investasi. Metode WACC banyak digunakan untuk pertimbangan dalam membiayai pembelian aset baru dengan utang atau ekuitas. Metode WACC dapat berpengaruh pada profitabilitas perusahaan dan harga saham secara keseluruhan.
  2. Metode Adjusted Net Present Value (APV)Metode APV adalah sebuah metode penilaian investasi yang didasari atas pembiayaan permodalan dari modal sendiri untuk menghasilkan laba yang diharapkan.

Pembahasan

Sebagai seorang manager pusat investasi selain bertanggung jawab untuk mencetak laba untuk perusahaan, dia juga bertanggung jawab untuk menganalisa apakah dana yang diinvestasikan oleh sebuah perusahaan dapat menghasilkan laba yang diharapkan.

Untuk itu, seorang manager pusat investasi harus menguasai dua metode untuk menentukan apakah sebuah investasi layak menghasilkan laba yang diinginkan. Metode tersebut adalah:

1. Metode Weighted Average Cost of Capital (WACC).

Metode WACC adalah sebuah metode yang didasari apakah investasi tersebut layak dibiayai dari berbagai sumber dana yang berbeda-beda yang akan dihitung dari rata-rata tertimbang dari biaya-biaya modal tersebut. Adapun rumus dari metode WACC adalah:

WACC = Wd x Kd (1-tax) + Wp x Kp + Wr x Kr + We x Ke

 

Dimana,

Wd = proporsi utang dari modal

Wp = proporsi saham preferen dari modal

Wr = proporsi saham laba ditahan dari modal

We = proporsi saham biasa baru

Kd = biaya utang

Kp = biaya saham preferen

Kr = biaya laba ditahan

Ke = biaya saham biasa baru

2. Metode Adjusted Net Present Value (APV).

Metode APV adalah metode penilaian investasi yang memulai analisisnya dengan menilai suatu investasi proyek , bila dibiayai seluruhnya dengan modal sendiri, disebut sebagai Base Case NPV.

Dan secara formal dirumuskan sebagai berikut:

Trending :  Pada saat jenazah dimasukkan ke liang lahat maka posisi jenazah seharusnya .....

 

APV = Base Case NPV + PV dampak keputusan pendanaan

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com