5 Tips Investasi Pasar Modal Saham

5 Tips Investasi Pasar Modal Saham buat Pemula

Beberapa orang yang ingin hidup sejahtera di periode kedepan. Jika kamu sebagai satu diantaranya, pasti investasi menjadi jawabnya. Tetapi, bagaimana, ya, langkah mengawali investasi? Apa beberapa hal yang perlu jadi perhatian? Yok, baca 5 panduan yang dapat menolong kamu sang investor pemula dalam mengawali melakukan investasi!

Factor waktu memiliki peran penting dalam melakukan investasi. Makin muda umur kamu saat mulai melakukan investasi, makin enteng penyiapan keperluan dan perolehan arah kamu di masa datang. Ingin mulai berencana investasi? Samakan lamanya waktu investasi, profile resiko yang kamu punyai, modal awalnya, dan loyalitas investasi /bulan yang kamu targetkan. Dengan feature ini, mudah-mudahan gagasan investasi menjadi lebih terukur.

  • Tetapkan arah investasi secara detil

Tiap investasi seharusnya ditetapkan maksudnya. Beberapa arah investasi yang biasa diantaranya menyiapkan dana pengajaran, gagasan pensiun, beli rumah/apartemen, beli kendaraan, perbaikan property, rekreasi, pemercepatan pembayaran pelunasan pembayaran KPR/KPA, atau menyiapkan dana pensiun. Bila kamu mempunyai jasa perencana atau penasihat keuangan, kamu dapat tanyakan rencana-rencana ini untuk membahas waktu dan instrument investasinya. Bila tidak mempunyai penasihat keuangan tidak jadi masalah, kok, tentukan saja satu mimpi atau arah yang menurutmu penting dan membuat kamu semangat dalam mengawali melakukan investasi.

  • Tetapkan periode waktu dan sasaran dana yang dibutuhkan

Tentukan periode waktu melakukan investasi akan memengaruhi nominal investasi dan tipe instrument yang diputuskan untuk capai dana yang diperlukan. Makin pendek periode waktu melakukan investasi, karena itu nominal yang perlu didistribusikan umumnya lebih besar, opsi instrument akan jatuh pada yang semakin aman/konstan atau volatilitas rendah. Contoh: Sahabat Mandy, berumur 25 tahun, tentukan arah investasi untuk pergi umrah, beberapa 30 juta Rupiah. Bila Mandy ingin capai arah ini dalam lima tahun, misalkan lewat Reksa Dana Pasar Uang, Mandy dapat awali dengan modal kurang dari Rp500,000 untuk disisihkan tiap bulannya. Tetapi bila ingin umrah bisa lebih cepat, misalkan tiga tahun, karena itu Mandy harus ikhlas membagikan lebih dari Rp500,000 memakai instrument yang serupa.

Lagi Viral :  Cara Membeli Saham Secara Online

Satu kali lagi, waktu sebagai aspek khusus, ya! Tetapkan periode waktu dan sasaran dana detil kamu sesaat akan melakukan investasi.

  • Distribusikan dana untuk investasi secara stabil

Baiknya, kamu dapat membagikan 10% sampai 30% dari penghasilan bulanan untuk investasi. Yakinkan uang yang digunakan untuk melakukan investasi tidak mengusik keperluan setiap hari, angsuran utang, atau dana genting. Ingat selalu jika investasi bukan hanya tawarkan keuntungan, tetapi mempunyai resiko. Janganlah sampai saat resikonya terjadi, keberlangsungan hidup jadi terusik.

Untuk beberapa investor pemula, mulai dahulu dengan % peruntukan dana yang membuat kamu nyaman, selanjutnya menjaga stabilitasnya. Menjadikan aktivitas investasi sebagai rutinitas yang membahagiakan. Searah dengan pertambahan penghasilan, pengetahuan, dan keyakinan diri dalam melakukan investasi, kamu dapat menambahkan peruntukan investasi secara berkaitan.

  • Mulai melakukan investasi dengan investasi tidak langsung untuk investor pemula

Pasar modal memang sama lewat produk saham. Tetapi, tahukah kamu jika ada dua opsi produk pasar modal yang lain yakni Obligasi dan Reksa Dana?

Untuk investor pemula yang belum optimis berbisnis saham, jalan keluar mengawali investasi pasar modal dapat otomatis, yakni dengan beli produk Reksa Dana. Lewat Manager Investasi, investor punyai bermacam opsi dimulai dari Reksa Dana Pasar Uang, Penghasilan Masih tetap, Kombinasi, sampai yang lebih beresiko yaitu Reksa Dana Saham.

Sesudah telah lebih memahami dan percaya dengan Reksa Dana, kamu dapat bergerak ke investasi langsung, surat bernilai (Obligasi Retail dan Saham). Lebih jauh kembali, bahkan juga dapat mengawali usaha riel sendiri dan memulai tergabung dengan partner usaha yang pas dengan kamu.