3 Jelaskan bagaimana tahapan Investor melihat kemungkinan , memperoleh keuntungan dari usahanya?

3 Jelaskan bagaimana tahapan Investor melihat kemungkinan
memperoleh keuntungan dari usahanya?

Beberapa tahapan Investor melihat kemungkinan memperoleh keuntungan dari usahanya, adanya:

1. Memahami klien

2. Keputusan alokasi aset

3. Pemilihan strategi portofolio

4. Keputusan pemilihan aset

5. Mengevaluasi kinerja portofolio

Pembahasan

1. Memahami klien

Langkah pertama dan terpenting dari proses investasi adalah memahami kebutuhan klien atau investor, kapasitas pengambilan risiko dan status pajaknya. Setelah mendapatkan wawasan tentang tujuan dan batasan klien, penting untuk menetapkan tolok ukur untuk proses manajemen portofolio klien yang akan membantu dalam mengevaluasi kinerja dan memeriksa apakah tujuan klien tercapai.

2. Keputusan alokasi aset

Langkah ini melibatkan keputusan tentang bagaimana mengalokasikan investasi di seluruh kelas aset yang berbeda, yaitu sekuritas pendapatan tetap, ekuitas, real estat, dll. Ini juga melibatkan keputusan apakah akan berinvestasi dalam aset domestik atau aset asing. Investor akan membuat keputusan ini setelah mempertimbangkan kondisi makroekonomi dan status pasar secara keseluruhan.

3. Pemilihan strategi portofolio

Langkah ketiga dalam proses investasi adalah memilih strategi yang tepat untuk pembuatan portofolio. Pemilihan strategi yang tepat untuk pembuatan portofolio sangat penting karena menjadi dasar pemilihan aset yang akan ditambahkan dalam proses pengelolaan portofolio. Strategi yang sesuai dengan kebijakan investasi dan tujuan investasi harus dipilih.

4. Keputusan pemilihan aset

Investor perlu memilih aset yang akan ditempatkan dalam proses manajemen portofolio pada langkah keempat. Dalam setiap kelas aset, ada sub kelas aset yang berbeda. Misalnya, dalam ekuitas, saham mana yang harus dipilih? Dalam kelas sekuritas pendapatan tetap, obligasi mana yang harus dipilih?

Selain itu, tujuan investasi harus sesuai dengan kebijakan investasi karena jika tidak, tujuan utama dari proses pengelolaan investasi akan menjadi tidak berarti.

5. Mengevaluasi kinerja portofolio

Ini adalah langkah terakhir dalam proses investasi yang mengevaluasi kinerja manajemen portofolio. Ini adalah langkah proses investasi yang penting karena mengukur kinerja investasi sehubungan dengan tolok ukur, baik secara absolut maupun relatif.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Beritaterunik.com

Trending :  2. Analisislah oleh saudara tergolong hukum apakah kasus di atas jika dilihat dari isinya serta dari masa berlakunya!